Helikopter Ingenuity Mars Cetak Rekor Jarak Penerbangan Terjauh
Helikopter Ingenuity di Mars (foto: dok. NASA)

Bagikan:

 

JAKARTA – Helikopter Ingenuity milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mencetak jarak penerbangan baru di planet Mars pada Desember lalu. Jarak ini mencapai 705 meter.

Rekor ini baru diketahui setelah NASA merilis catatan penerbangan Ingenuity berdasarkan waktu, jarak, kecepatan, dan ketinggian penerbangan. Dari empat penerbangan di bulan Desember, Ingenuity mencapai jarak terjauh pada penerbangan ketiga.

Secara keseluruhan, rekor itu tercapai pada penerbangan Ingenuity ke-69. Dalam penerbangan tersebut, helikopter pengamat Mars itu terbang dalam ketinggian 16 meter selama 135,4 detik. Durasi penerbangannya memang cukup singkat karena kecepatannya mencapai 22,4 mph.

Sejauh ini, Ingenuity telah terbang sebanyak 70 kali dengan total jarak mencapai 17 kilometer dalam 127,7 menit. Meski total ketinggiannya baru mencapai 24 meter, helikopter pengamat ini telah mencapai banyak rekor hanya dalam waktu dua tahun.

Ingenuity pertama kali mendarat di Planet Merah pada 19 April 2021. Awalnya, peluncuran Ingenuity merupakan bagian dari demonstrasi teknologi dengan masa tugas tujuh bulan. Pesawat kecil itu hanya perlu terbang sebanyak lima kali.

Setelah melalui lima penerbangan, Ingenuity masih bekerja dengan baik dan menolak untuk pensiun. Maka dari itu, NASA mulai menjalankan eskperimen fase demonstrasi operasi baru dengan memberikan tugas yang lebih berat, yaitu mengeksplorasi Mars.

Selama menjelajahi Mars, Ingenuity akan menggunakan citra pesawat rotor untuk mendukung eksplorasi Kawah Jezero, tugas dari penjelajah Perseverance. Gambar yang ditangkap Ingenuity akan digunakan untuk merancang rute eksplorasi Perseverance.

Terkait