NASA Sumbangkan Prototipe Ingenuity ke Museum Smithsonian
 Prototipe Ingenuity di Museum Smithsonian (foto: twitter @NASAJPL)

Bagikan:

JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan menyumbangkan prototipe Ingenuity ke paviliun Museum Dirgantara dan Antariksa Nasional Smithsonian (NASM).

Dari laporan Collector space, prototipe dari helikopter Mars ini akan ditempatkan di bagian Steven F. Udvar-Hazy Center. NASA sudah menyerahkan prototipe ini pada Jumat, 15 Desember lewat acara penyerahan sumbangan.

Sebenarnya, Smithsonian ingin menampilkan Ingenuity asli di museum mereka, tetapi helikopter ini masih sibuk memecahkan rekor di Mars. Meski tampaknya sulit untuk memamerkan Ingenuity yang asli, NASA memberikan opsi penyerahan model rancangannya.

Prototipe ini merupakan komponen asli dalam pembuatan Ingenuity dan pernah melewati tahap pengujian di Jet Propulsion Laboratory (JPL). Meski hanya bentuk mentahannya, penyerahan prototipe ini tetap menjadi opsi yang baik.

NASA JPL, lewat media sosialnya, mengatakan bahwa penyerahan prototipe Ingenuity kepada Smithsonian merupakan langkah yang sangat tepat. Pasalnya, prototipe ini bisa menjadi bagian dari sejarah penerbangan.

“Dengan sumbangan prototipe Ingenuity kepada Museum Dirgantara dan Antariksa Nasional Smithsonian, Helicopter Mars akan selamanya diakui sebagai bagian dari sejarah penerbangan,” kata pihak JPL NASA.

Sementara itu, pihak Smithsonian mengatakan bahwa memamerkan Ingenuity yang terbang bersama Perseverance merupakan salah satu keinginan terbesar mereka. Dengan sumbangan dari NASA, keinginan mereka akhirnya terkabul.

“Saya benar-benar ingin membawa ke museum beberapa bagian dari perkembangan [Helikopter Mars] yang akan menjelaskan proses pengembangan teknologi baru ini dan untuk mewakili teknologi itu sendiri dalam pameran di masa depan,” kata Kurator Ilmu Planet dan Eksplorasi NASM Matt Shindell, dikutip dari Collector space.

Meski hanya sekadar prototipe, ukuran prototipe dan Ingenuity yang saat ini beroperasi di Mars masih sama. Satu-satunya perbedaan yang bisa ditemukan di prototipe dan Ingenuity yang beroperasi adalah kerangka atau konstruksinya.