Bitwise Batalkan Rencana Peluncuran ETF Bitcoin dan Ether
Bitwise batalkan ETF Bitcoin. (Foto; Dok. Chainbits)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan manajemen aset digital, Bitwise Asset Management, telah memutuskan untuk membatalkan rencana peluncuran Exchange-Traded Fund (ETF) Market Cap Weight Strategy Bitcoin dan Ethereum. Keputusan ini diambil setelah perusahaan sebelumnya mengajukan permohonan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk ETF tersebut.

Meskipun alasan pasti di balik tindakan ini belum diketahui, kepala bagian hukum Bitwise, Katherine Dowling, mengungkapkan bahwa perusahaan telah menunda rencana peluncuran ETF tersebut.

ETF Market Cap Weight Strategy Bitcoin dan Ether, yang diusulkan oleh Bitwise Asset Management, telah ditarik dari persetujuan SEC pada tanggal 31 Agustus 2023. Permohonan awal diajukan kepada SEC pada tanggal 3 Agustus 2023.

ETF ini didasarkan pada kapitalisasi pasar lima tahun yang diimbangi dengan faktor-faktor lain untuk menentukan bobot masing-masing mata uang kripto dalam portofolio. Penting untuk dicatat bahwa alokasi dalam ETF ini akan dibatasi pada 75% dari kapitalisasi pasar Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) secara berbarengan.

Bitwise adalah salah satu dari tujuh perusahaan yang telah mengajukan ETF yang mengalami penundaan baru-baru ini. Perusahaan lain yang terpengaruh meliputi Wisdomtree, Valkyrie, Fidelity's Wise Origin, Vaneck, Blackrock, dan Invesco Galaxy. Meskipun menghadapi kendala ini, analis ETF senior Bloomberg, Eric Balchunas, dan James Seyffart tetap mempertahankan probabilitas 75% untuk persetujuan ETF Bitcoin spot pada tahun 2023.

Perlu dicatat bahwa Bitwise Bitcoin and Ether Market Cap Weight Strategy ETF bukanlah ETF spot BTC. Ini adalah ETF Bitcoin yang didukung secara fisik yang memantau harga Bitcoin. Dana ini dirancang khusus untuk memberikan investor eksposur terhadap pergerakan harga aset kripto tanpa harus memegang Bitcoin secara langsung.

ETF Bitcoin spot Bitwise berharap untuk terdaftar di bursa saham New York Stock Exchange dengan simbol ticker "BITW." Ticker untuk Bitwise Bitcoin and Ether Market Cap Weight Strategy ETF akan menjadi "BITC," meskipun rencana peluncurannya telah dibatalkan.