Bagikan:

JAKARTA - Bitwise Asset Management, perusahaan manajemen aset kripto asal Amerika Serikat, semakin memperkuat kehadirannya di pasar Eropa dengan mengakuisisi ETC Group, penyedia produk perdagangan kripto berbasis bursa (ETP) yang berbasis di London.

Langkah strategis ini menjadikan Bitwise sebagai pemain global yang semakin kuat dengan total aset kelolaan (AUM) melebihi 4,5 miliar Dolar AS (sekitar Rp69 triliun) dan menambah sembilan ETP kripto yang terdaftar di Eropa ke dalam portofolionya.

Akuisisi ini merupakan bagian dari upaya Bitwise untuk memperluas jangkauannya dan melayani investor di Eropa, sejalan dengan ambisi perusahaan untuk menjadi pengelola aset kripto global yang handal. ETC Group dikenal dengan produk ETP fisik bitcoinnya, BTCE, yang akan tetap dipertahankan tanpa perubahan.

Dikutip dari Bitcoin.com News, dalam pernyataan resminya, CEO Bitwise, Hunter Horsley, menyebutkan bahwa ekspansi ini akan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menyediakan solusi investasi kripto yang komprehensif bagi klien di seluruh dunia.

“Bitwise sedang membangun pengelola aset kripto global untuk investor dan penasihat keuangan yang mencari mitra terbaik di kelasnya, yang khusus dalam kelas aset yang berkembang pesat ini,” kata Horsley.

Selain itu, akuisisi ini juga memungkinkan Bitwise untuk menawarkan wawasan global kepada kliennya dan memperluas rangkaian produknya dengan ETP yang inovatif. Sejak peluncuran ETF bitcoin spot pada 11 Januari 2024, Bitwise telah menarik arus masuk positif sebesar 2,04 miliar Dolar AS (sekitar Rp31,5 triliun), sementara ETF ethereum-nya memperoleh 305 juta Dolar AS (sekitar Rp4,7 triliun) dalam bentuk ether. Hingga 16 Agustus, ETF bitcoin spot Bitwise mengamankan 37.993,13 BTC, sementara ETP bitcoin fisik milik ETC Group memiliki cadangan 16.355 BTC yang bernilai sekitar 954 juta Dolar AS (sekitar Rp14,7 triliun) berdasarkan nilai tukar BTC per 19 Agustus.

Akuisisi ini menandai babak baru bagi Bitwise dalam mengejar peluang di pasar Eropa yang dinamis, sekaligus memperkuat posisinya sebagai salah satu pemimpin global dalam manajemen aset kripto.