TIER Mobility Akuisisi Nextbike untuk Kuasai Pasar <i>Bikeshare</i> di Eropa
TIER Mobility ingin kuasai pasar e-bike dan bikeshare di Eropa. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Operator e-skuter yang berbasis di Berlin, TIER Mobility, telah membeli perusahaan berbagi sepeda, Nextbike, untuk menciptakan penyedia kendaraan ringan bersama terbesar di Eropa. Pengumuman tentang akuisisi ini muncul dari perusahaan tersebut pada Senin, 15 November.

Kesepakatan itu, yang akan membawa sepeda sewaan, e-bicycles, e-skuter, e-moped dan sepeda kargo ke dalam satu jaringan, dapat menandai akuisisi besar pertama dalam periode konsolidasi yang mungkin terjadi di industri yang sangat terfragmentasi, dengan pemain yang lebih kecil akan tergambar naik selama 12 bulan ke depan.

Awal tahun ini, perusahaan mobilitas perkotaan AS, Lime, mengumpulkan 523 juta dolar AS (Rp 7,4 triliun) dari investor untuk meningkatkan produksi dan mengumumkan daftar pasar saham pada 2022, sementara perusahaan rintisan Estonia, Bolt, meluncurkan layanan e-skuter di sembilan kota Jerman.

TIER mengatakan untuk menggabungkan infrastruktur Nextbike dan kekuatan finansial TIER, juga didukung oleh putaran pembiayaan baru-baru ini sebesar 200 juta dolar AS (Rp 2,8 triliun)yang membawa penilaian TIER menjadi 2 miliar dolar (Rp28 triliun), yang memungkinkan mereka untuk beroperasi di 400 kota dengan 250.000 kendaraan.

"Akuisisi Nextbike - dengan pengalaman dan hubungan tak tertandingi di ratusan kota - adalah kesempatan unik untuk membawa bikeshare ke tingkat berikutnya," kata Kepala Eksekutif TIER, Lawrence Leuschner, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

Sayang, TIER dan Nextbike menolak memberikan rincian keuangan dari transaksi tersebut.