Microchip Siap Dipasang dalam Otak, Akan Ada Manusia <i>Cyborg</i>?
Ilustrasi (Image by Gerd Altmann from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Elon Musk mengungkapkan bahwa perusahaannya siap melakukan uji coba memasang microchip ke dalam otak manusia pada tahun ini. Adalah perusahaan Neuralink yang akan melakukan uji coba ini.

Musk juga mengatakan bahwa rencana uji coba itu akan segera dilakukan setelah FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) merestui capaian Neuralink. Uji coba itu akan dilakukan di penghujung tahun 2021 ini.

“Neuralink bekerja sangat keras untuk melakukan implan dengan aman dan melakukan komunikasi dengan FDA. Jika semua berjalan dengan lancar, kita mungkin bisa melakukan uji coba pada manusia akhir tahun ini,” ujar Musk melalui unggahan Twitternya seperti yang dikutip dari Business Insider, Rabu, 3, Februari.

Sebelumnya, Musk menanggapi pengguna Twitter yang siap melakukan uji klinis di Neuralink. Jadwal uji coba menanm chip dalam otak manusia ini mundur yang sebelumnya direncanakan pada 2020.

Pemasangan chip dalam otak ini diklaim agar bisa mempercepat aliran informasi dari otak manusia ke mesin. Tindakan ini juga diklaim bisa berguna untuk tujuan medis, seperti meneymbuhkan penyakit saraf, baik Alzheimer maupun Parkinson.

Sebelumnya, Elon Musk pernah melakukan uji coba memasang chip ke dalam otak babi. Baru-baru ini, Neuralink juga telah menanam microchip ke dalam kepala monyet. Yang mana monyet tersebut diharapkan bisa bermain video game seperti manusia pada umumnya.

Melansir BBC International, ke depannya manusia akan bisa mengendalikan perangkat smartpone atau komputer melalui pikirannya. Musk juga mengungkapkan bahwa chip ini bisa menyembuhkan dementia dan parkinson. Musk menyebut “kognisi manusia super” untuk melawan perkembangan pesat Artificial Intelligence yang berpotensi mengancam manusia.