Microsoft Tambahkan Beranda Baru di Windows 11, Pengguna Jadi Mudah Mengatur PC Mereka
Microsoft akan menambahkan beranda baru di menu Pengaturan pada Windows 1 (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akan menambahkan beranda baru di menu Pengaturan pada Windows 11, memudahkan pengguna untuk mengontrol semua yang mereka sukai.

Beranda yang disebut kartu interaktif itu menawarkan pengguna pengalaman dinamis dan personal, termasuk berbagai pengaturan terkait perangkat dan akun, dikelompokkan berdasarkan fungsi yang sering diakses pengguna. Fitur ini baru diluncurkan di Windows Insiders pada Saluran Beta.

"Setiap kartu dioptimalkan untuk menawarkan informasi dan kontrol paling relevan di ujung jari Anda. Dalam rilis ini, Anda akan melihat hingga tujuh kartu, dan lebih banyak lagi yang akan segera hadir," ujar Microsoft dalam pengumumannya.

Kartu pengaturan yang dipersonalisasi, akan menyesuaikan dengan pola penggunaan spesifik pengguna, memberikan opsi pengaturan yang tepat waktu dan relevan.

Ada juga penyimpanan cloud, pengguna bakal disajikan gambaran umum tentang penggunaan penyimpanan cloud dan memberi tahu mereka ketika kapasitasnya sudah hampir habis.

Lalu kartu pemulihan akun, membantu menjaga akun Microsoft pengguna lebih aman dengan membantu menambahkan informasi pemulihan tambahan sehingga akun mereka tidak akan terkunci, bahkan jika lupa kata sandi.

Pada kartu personalisasi, Microsoft menghadirkan penyesuaian ke permukaan dengan menawarkan akses sekali klik untuk memperbarui tema latar belakang atau mengubah mode warna.

Kemudian kartu Microsoft 365, yang memberikan gambaran sekilas tentang status dan manfaat langganan, serta kemampuan untuk melakukan beberapa tindakan penting langsung di Pengaturan alih-alih membuka web.

Mirip dengan kartu Microsoft 365, di kartu Xbox pengguna akan dapat melihat status langganan dan mengelola langganan dari aplikasi Pengaturan.

Untuk menyederhanakan pengalaman pengelolaan perangkat Bluetooth, Microsoft menghadirkan cara cepat mengakses dan menyambung ke perangkat berkemampuan Bluetooth favorit pengguna.

"Yang lebih membedakan beranda adalah bahwa ini lebih dari sekadar laman landas, halaman ini berkembang dan belajar bersama Anda. Saat Anda menggunakan perangkat, perangkat akan menyesuaikan untuk memberikan informasi yang paling relevan dan berguna berdasarkan penggunaan dan preferensi Anda," jelas Microsoft.

Fitur menarik lainnya yang akan segera dirilis Microsoft adalah aplikasi Windows Backup. Pertama kali diperkenalkan pada Mei lalu, pengguna dapat mencadangkan PC saat bersiap menggunakan yang baru.

Selain secara otomatis menerapkan pengaturan yang ada ke PC baru, aplikasi itu juga akan membawa semua aplikasi yang disematkan di desktop, menu Start, dan taskbar.

Microsoft mengatakan mereka tidak akan menginstal aplikasi ini secara otomatis di PC baru, tetapi menyediakan pintasan yang menghubungkan pengguna ke Microsoft Store atau ke situs web pengembang untuk menginstalnya kembali, seperti dikutip dari The Verge, Jumat, 25 Agustus.