Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden AS Donald Trump, yang memilih untuk tidak mengikuti debat calon presiden Republikan di Fox News pada  Rabu, 23 Agustus berhasil menarik jutaan penonton untuk menonton - atau setidaknya melewati - wawancara rivalnya di platform media sosial X.

Percakapan selama 46 menit dengan komentator konservatif Tucker Carlson berhasil menarik lebih dari 74 juta penonton, menurut statistik di platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Namun, tidak jelas berapa lama pengunjung situs tersebut menonton acara yang direkam sebelumnya. Hitungan tampilan di X termasuk siapa saja yang melewati video atau menonton hanya dalam beberapa detik, serta mereka yang menonton seluruh wawancara. Beberapa penonton mungkin dihitung dua kali jika mereka menonton video pada waktu atau perangkat yang berbeda.

Carlson memposting wawancara tersebut hanya beberapa menit sebelum debat dimulai di Fox pada Rabu malam.

"Kami akan mendapatkan rating lebih besar dengan menggunakan platform gila ini yang kamu gunakan daripada mungkin debat," kata Trump, yang telah berselisih dengan Fox News atas liputan yang dia sebut tidak menguntungkan, kepada Carlson.

Data tentang berapa banyak orang yang menonton debat di Fox diperkirakan akan dirilis pada hari Kamis, 24 Agustus

Trump, yang kalah dalam pemilihan 2020 dari calon Partai Demokrat, Joe Biden, merupakan kandidat utama untuk nominasi presiden dari Partai Republik pada tahun 2024. Carlson berusaha untuk membangun kembali audiensnya setelah Fox News membatalkan acara paling populer yang dipandunya pada bulan April setelah gugatan pencemaran nama baik yang merugikan terkait klaim palsu tentang kecurangan pemilu.

Dia telah merilis wawancara reguler di X sejak bulan Juni. "Saya pikir itu adalah keputusan yang buruk untuk menghilangkan Anda," kata Trump kepada Carlson.