OpenAI Tingkatkan Kemampuan GPT-3.5 Turbo, Setara dengan GPT-4
OpenAI baru saja menyempurnakan GPT-3.5 Turbo (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - OpenAI baru saja menyempurnakan GPT-3.5 Turbo, menandai kemampuannya akan sepadan dengan GPT-4 yang kini tersedia untuk para pengembang.

Perusahaan mengungkapkan, pengembang dapat menyesuaikan model yang berperforma lebih baik pada kasus penggunaan mereka dan menjalankan model kustom itu dalam skala besar.

"Pengujian awal menunjukkan bahwa versi GPT-3.5 Turbo yang telah disempurnakan dapat menyamai, atau bahkan mengungguli, kemampuan dasar tingkat GPT-4 pada tugas-tugas sempit tertentu," kata OpenAI dalam pengumumannya, dikutip Rabu, 23 Agustus.

Dijelaskan OpenAI, penyesuaian halus memungkinkan bisnis membuat model mengikuti instruksi dengan lebih baik, seperti membuat keluaran singkat atau selalu merespons dalam bahasa tertentu.

Misalnya, pengembang dapat menggunakan penyesuaian untuk memastikan model selalu merespons dalam bahasa Jerman ketika diminta untuk menggunakan bahasa tersebut.

OpenAI juga meningkatkan kemampuan model untuk memformat respons secara konsisten, aspek penting untuk aplikasi yang memerlukan format respons tertentu, seperti penyelesaian kode atau pembuatan panggilan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API).

Lebih lanjut, nada khusus juga disempurnakan untuk mengasah kesan kualitatif keluaran model, sehingga lebih sesuai dengan suara merek bisnis dan konsisten dengan gayanya.

Selain peningkatan kinerja, pengembang bisa mempersingkat permintaan mereka sekaligus memastikan kinerja serupa. Penyempurnaan dengan GPT-3.5 Turbo juga dapat menangani token 4k, dua kali lipat dari model penyempurnaan OpenAI sebelumnya.

"Penguji awal telah mengurangi ukuran prompt hingga 90 persen dengan menyempurnakan instruksi ke dalam model itu sendiri, mempercepat setiap panggilan API dan memangkas biaya," jelas OpenAI.

Seperti semua API milik OpenAI, data yang dikirim masuk dan keluar dari API penyesuaian adalah milik pelanggan dan tidak digunakan oleh startup AI itu, atau organisasi lain mana pun, untuk melatih model lain. Penyempurnaan untuk GPT-4 akan hadir pada musim gugur ini.