OpenAI Rilis API GPT-4 Secara Publik, Tapi Model Completions API Mulai Dihentikan
GPT-4 dilatih menggunakan data yang tersedia untuk umum (foto: dok. istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - OpenAI akhirnya merilis Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) secara publik dari GPT-4, model penghasil teks terbarunya.

Merupakan model terbaru OpenAI, GPT-4 diklaim paling mumpuni. Sejak Maret lalu, perusahaan menyatakan telah diminta jutaan pengembang untuk membuka akses API GPT-4.

Dibukanya akses ini, semua pengembang API yang ada dengan riwayat pembayaran dapat mengakses API GPT-4 dengan konteks 8K.

"Kami berencana untuk membuka akses ke pengembang baru pada akhir bulan ini, dan kemudian mulai menaikkan batas tarif setelah itu bergantung pada ketersediaan komputasi," ujar OpenAI dalam blog resminya.

GPT-4 dapat menghasilkan atau menerima masukan teks dan gambar, termasuk kode yang menjadi sebuah peningkatan dari GPT-3.5 pendahulunya. GPT-3.5 hanya menerima teks dan bekerja pada tingkat manusia pada berbagai tolok ukur profesional serta akademis.

Seperti model sebelumnya, GPT-4 dilatih menggunakan data yang tersedia untuk umum, mencakup halaman web publik, serta data yang dilisensikan oleh OpenAI.

Namun, kemampuan pemahaman gambar belum tersedia untuk semua pelanggan OpenAI. Perusahaan sedang mengujinya dengan satu mitra, Be My Eyes sebagai permulaan, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa, 11 Juli.

Ke depannya, OpenAI mengatakan akan memberikan kemampuan pengembang untuk menyempurnakan GPT-4 dan GPT-3.5 Turbo, salah satu model penghasil teks terbaru, dengan mereka data sendiri yang akan tiba akhir tahun ini.

"Kami sedang berupaya mengaktifkan penyempurnaan yang aman untuk GPT-4 dan GPT-3.5 Turbo dan berharap fitur ini akan tersedia akhir 2023," tutur OpenAI.

Selain itu, perusahaan juga telah memilih untuk mulai menghentikan model Completions API demi model Chat Completions API yang lebih baru.

Diluncurkan Maret, Chat Completions API sekarang mencapai 97 persen dari penggunaan API GPT. Rencana penghentian ini mencakup penghentian model yang merupakan bagian dari Completions API dalam enam bulan.

Mulai 4 Januari 2024, model lama itu, hanya menyelesaikan permintaan alih-alih terlibat dalam dialog seperti obrolan, akan diganti dengan versi yang lebih baru.

Pengembang yang menggunakan beberapa model tersebut akan diminta untuk mengningkatkan integrasinya secara manual. Saat ini, model lama akan tetap tersedia tetapi diberi label sebagai produk warisan.