Bagikan:

JAKARTA - Mulai hari ini, Google Messages akan sepenuhnya dienkripsi ujung-ke-ujung (E2EE) secara default untuk semua pengguna yang menggunakan Rich Communication Services (RCS).

RCS sendiri merupakan standar industri modern untuk perpesanan yang dinamis dan aman. Dan sekarang, semua percakapan RCS di Google Messages akan dienkripsi secara menyeluruh, termasuk pada obrolan grup.

Menurut Google, RCS akan membuat pesan tetap pribadi antara pengirim dan penerima pesan. Artinya, saat mengirim teks antara dua perangkat Android, termasuk dalam obrolan grup, orang lain tidak akan dapat melihat atau memantau pesan.

Beberapa pengguna mungkin bakal diminta untuk menyetujui Persyaratan Layanan yang disediakan oleh jaringan operator mereka.

Termasuk yang sebelumnya mengabaikan prompt RCS, fitur akan tetap dinonaktifkan. Namun, pengguna masih memiliki kemampuan untuk menonaktifkannya kapan saja dari Pengaturan pesan klik menu obrolan RCS.

"Untuk memastikan lebih banyak orang mendapatkan manfaat dari keamanan tambahan ini, RCS sekarang akan diaktifkan secara default untuk pengguna baru dan yang sudah ada, kecuali mereka sebelumnya telah menonaktifkan RCS di Pengaturan," ujar Google.

RCS menawarkan beberapa perbaikan besar untuk pengiriman pesan melalui SMS standar, termasuk indikator pengetikan, tanda terima telah dibaca, dan kemampuan untuk berbagi foto serta video beresolusi tinggi.

Sebagai informasi, selain Google messenger pesan yang terenkripsi sudah menjadi default pada layanan seperti WhatsApp, Signal, Telegram dan iMessage milik Apple. Demikian dikutip dari CNET dan The Verge, Rabu, 9 Agustus.