Apa Itu Lensa Hybrid yang Bakal Dijejalkan pada iPhone 15
Ilustrasi gadget baru. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Seorang tipster atau pembocor gadget dengan handle @RGcloudS mengatakan dalam cuitannya bahwa seri iPhone 15 mendatang akan menjadi smartphone global pertama yang menggunakan teknologi hybrid lens (lensa hybrid). Jika rumor ini benar, maka iPhone akan menjadi merek pertama yang menggunakan teknologi hybrid lens dan dipasarkan secara global. Lantas, apa itu lensa hybrid?

Apa Itu Lensa Hybrid

Lensa Hybrid adalah suatu pengembangan dari dua jenis material lensa yang bertujuan untuk mengoptimalkan koreksi optik.

Kamera yang menggunakan teknologi hybrid lens memiliki kemampuan ‘campuran’, yakni sebagai kamera foto, sekaligus kamera perekam video definisi tinggi.

Disadur dari laman Androidauthotrity, penggunaan lensa hybrid pada smartphone termasuk konsep baru. Ini menggunakan zoom optik, zoom digital, dan perangkat lunak untuk meningkatkan hasil saat memperbesar lebih jauh dari kemampuan fisik lensa.

Ponsel modern dengan optical zoom umumnya dibekali lensa dengan 3x-10x optical zoom. Mencoba memperbesar lebih jauh dari itu akan mengakibatkan hilangnya kualitas, karena secara teknis, proses memperbesar gambar menggunakan zoom optical. Nah, di sinilah zoom kamera dengan lensa hybrid datang untuk menyelamatkan.

Kendati algoritma dan teknik masing-masing pabrikan berbeda-beda, konsep umumnya bersifat universal.

Lensa hybrid memungkinkan perangkat untuk memperbesar objek dengan kualitas gambar yang lebih baik. Ini mirip dengan Night Mode dan HDR, namun lebih fokus pada detail bukan eksposur.

Setiap pabrikan dapat menggunakan berbagai macam sensor untuk mengambil detail dari beberapa kamera. Semua teknologi hybrid yang dijejalkan dapat meningkatkan kualitas foto yang diperbesar secara digital.

Lensa Hybrid pada iPhone 15

Menurut RGcloudS, teknologi hybrid akan dijejalkan pada kamera utama di iPhone 15 yang merupakan sensor wide.

Kabarnya, sensor ini terbuat dari tujuh elemen, yang terdiri dari satu elemen kaca dan enam elemen berbahan plastik. Sebagai perbandingan, kamera wide di iPhone 14 saat ini menggunakan tujuh elemen plastik saja.

Tak cukup sampai disitu, RGclouds juga mengatakan bahwa iPhone 15 akan dibekali dengan aperture (bukaan diafragma) f/1.7.

Aperture ini sedikit meningkat ketimbang model iPhone 14 Pro (f/1.79), tetapi sedikit menurun dari iPhone 14 dan iPhone 14 Plus (f/1.5).

Secara teori, semakin kecil nilai aperture, jumlah cahaya yang masuk akan lebih banyak, sehingga kualitas gambar yang ditangkap kamera akan menjadi lebih baik.

RGcloudS menyampaikan bahwa dengan bukaan yang lebih lebar, sensor wide di iPhone 15 dapat menangkap cahaya lebih banyak, sekitar 15-20 persen. Dengan demikian, kamera dapat menangkap gambar dengan warna yang lebih baik.

Menurut rumor, fitur hybrid lens juga akan dijejalkakan pada iPhone 16 Pro Max. Smartphone tersebut konon akan dibekali kamera wide dengan delapan elemen, yang terdiri dari dua elemen kaca dan enam elemen plastik.

Meski begitu, bocoran spesifikasi iPhone 15 yang akan menggunakan lensa hybrid masih bersifat spekulatif. Selain itu, peluncuran iPhone 15 juga masih belum diketahui, kapan akan digelar. Sampai saat ini, pihak Apple masih belum memberikan rilis kapan iPhone 15 diluncurkan.

Demikian informasi tentang apa itu lensa hybrid. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.