Bagikan:

JAKARTA - Rumor terbaru seputar jajaran iPhone 16 mengindikasikan bahwa iPhone 16 Pro bisa mendapatkan kamera zoom baru. Sebuah laporan terbaru dari Digitimes semakin menguatkan dugaan bahwa Apple meningkatkan kemampuan zoom pada seri iPhone berikutnya.

Menurut laporan tersebut, Apple telah memesan dalam jumlah besar kepada produsen lensa Largan Precision dan Genius Electronic Optical (GSEO), dengan tujuan memperluas penggunaan lensa periskop dalam jajaran iPhone yang akan datang.

Menurut Digitimes,  Apple akan memperluas penggunaan lensa periskop dalam seri iPhone mendatang, dengan produsen modul lensa Taiwan Largan Precision dan Genius Electronic Optical (GSEO) diharapkan menjadi pemasok utama, menurut sumber industri. Largan memasok lensa periskop untuk iPhone 15 Pro Max premium yang diluncurkan tahun lalu. Tahun ini, lebih banyak model dalam jajaran iPhone yang akan datang akan dilengkapi dengan lensa periskop. GSEO kemungkinan akan bergabung sebagai pemasok baru untuk iPhone tahun ini. 

Memiliki lensa zoom 5x adalah fitur yang biasanya disediakan untuk flagship paling mahal dalam portofolio perusahaan, seperti Galaxy S24 Ultra dan Google Pixel 8 Pro. Apple memperkenalkan lensa zoom tetraprism 5x baru secara eksklusif pada iPhone 15 Pro Max tahun lalu, sementara iPhone 15 Pro yang lebih kecil terbatas pada lensa zoom 3x.

Namun, dengan seri iPhone 16, perbedaan ini diperkirakan akan dihilangkan, karena baik iPhone 16 Pro maupun iPhone 16 Pro Max bisa dilengkapi dengan lensa tetraprism 5x yang canggih.

Lebih lanjut, sebuah bocoran terbaru juga menyarankan bahwa keempat model iPhone 16 tahun ini akan dilengkapi dengan chip Apple A18 generasi yang sama. Seri iPhone 16 diharapkan akan debut sekitar bulan September tahun ini.