Bagikan:

JAKARTA - Menurut analis produk-produk Apple, Ming-Chi Kuo, iPhone 17 Pro Max yang akan dirilis tahun depan akan menampilkan kamera Tetraprism 48 megapiksel yang ditingkatkan untuk kualitas foto dan fungsi zoom yang lebih baik. Ini merupakan peningkatan signifikan dari sensor 12MP yang digunakan pada model iPhone 16 Pro.

Detail Utama

Spesifikasi Kamera Baru

Dalam catatan investor terbaru yang dipublikasikan di Medium, Kuo mengatakan bahwa perubahan spesifikasi utama adalah sensor CIS 48MP 1/2.6", naik dari sensor 12MP 1/3.1" yang diperkirakan akan digunakan pada model iPhone 16 Pro tahun ini.

Lensa Telefoto Tetraprism

Kedua model iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max diharapkan akan mendapatkan lensa telefoto Tetraprism pada tahun 2024, bukan hanya terbatas pada Pro Max yang lebih besar, seperti yang ada pada seri iPhone 15. Ini berarti kedua model iPhone 16 Pro akan memiliki setidaknya 5x zoom optik dan setidaknya 25x zoom digital.

Eksklusivitas Model Pro Max

Kuo mengatakan dia saat ini tidak yakin apakah hanya iPhone 17 Pro Max yang akan menampilkan kamera Tetraprism yang ditingkatkan. Namun jika memang eksklusif untuk model tersebut, maka kedua model iPhone 18 Pro akan mendapatkannya pada tahun 2026. Kamera Tetraprism yang ditingkatkan memerlukan prisma yang dirancang ulang dengan faktor bentuk yang lebih pendek untuk mengurangi tinggi kamera, tambah Kuo.

Klaim Jeff Pu

Laporan analis ini menguatkan klaim yang dibuat tahun lalu oleh Jeff Pu dari Haitong International Securities. Pu pada bulan Desember mengatakan lensa telefoto 48MP yang ditingkatkan pada iPhone 17 Pro Max akan dioptimalkan untuk digunakan dengan Apple Vision Pro.

Model iPhone 15 Pro saat ini dapat merekam video spasial dengan kedalaman 3D untuk pemutaran di Vision Pro – ketika dipegang dalam orientasi lanskap, lensa utama dan ultra wide digabungkan untuk merekam video spasial dengan kedalaman tambahan.

Sistem Kamera Serba 48MP

Pu sebelumnya mengatakan kedua model iPhone 16 Pro akan menampilkan lensa ultra wide 48MP, yang akan membuat iPhone 17 Pro Max menjadi model iPhone pertama dengan sistem kamera belakang sepenuhnya terdiri dari lensa 48 megapiksel. Sebagai perbandingan, model iPhone 15 Pro saat ini memiliki lensa utama 48MP, ultra wide 12MP, dan telefoto 12MP.

Peningkatan Masa Depan

Melihat lebih jauh ke depan, Kuo mengatakan iPhone 2027 akan memiliki kamera Tetraprism yang lebih ditingkatkan dengan zoom optik yang lebih baik. Ini kemungkinan akan dicapai dengan meningkatkan jumlah prisma untuk memperpanjang jalur cahaya, yang mana tidak lagi disebut sebagai lensa "Tetraprism". Seiring meningkatnya jumlah prisma, ukuran prisma mungkin perlu dikurangi, sehingga meningkatkan kompleksitas desain prisma, kata analis tersebut.

Dengan demikian, iPhone 17 Pro Max tidak hanya menjanjikan peningkatan signifikan dalam kualitas kamera dan kemampuan zoom, tetapi juga menunjukkan arah inovasi teknologi kamera yang akan diikuti oleh Apple dalam beberapa tahun mendatang.