Bagikan:

JAKARTA - Setelah beberapa bulan sejak diperkenalkan di Google I/O 2023 pada bulan Mei lalu, Google akhirnya resmi meluncurkan fitur Unknown Tracker Alerts ke pengguna Android. 

Menurut Google, fitur ini memungkinkan ponsel untuk dapat membantu Anda untuk tetap aman dari pelacakan Bluetooth yang tidak diinginkan di Android. 

Bagaimana Cara Kerjanya? 

Jadi, dengan fitur ini nantinya Anda akan diberitahu melalui perangkat Android Anda, jika pelacak Bluetooth yang tidak dikenal bepergian bersama Anda. 

Jika ponsel menemukan aksesori tersebut, Anda bisa langsung mengetuk notifikasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelacak dan melihat peta tempat pelacak terlihat, biasanya berupa informasi tentang pemilik perangkat.

Selain itu, Anda juga dapat mengetuk opsi "Mainkan suara" untuk membuat aksesori berbunyi, sehingga membantu Anda untuk menemukannya.

Setelah Anda menerima peringatan, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara mengambil tindakan. Anda juga dapat menonaktifkan pelacak Bluetooth sepenuhnya, sehingga perangkat tidak akan menerima pembaruan lokasi di masa mendatang.

Google membuat fitur pemindaian manual sehingga Anda dapat memeriksa apakah ada pelacak di sekitar yang terpisah dari pemiliknya kapan saja Anda mau. 

Untuk menggunakan fitur ini, buka Settings > Safety & Emergency > Unknown Tracker Alerts, and pilih tombol “Scan now”. Perangkat Anda akan memakan waktu sekitar 10 detik untuk menyelesaikan pemindaian manual, dan kemudian Anda akan melihat daftar pelacak yang saat ini ditentukan berada di dekat Anda.