Google Diklaim Akan Adopsi Fitur Pelacak Mirip AirTag untuk Android
Google sedang mengerjakan fitur anti penguntit. (foto: Mika Baumeister / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google dilaporkan sedang mengerjakan fitur anti penguntit, yakni deteksi pelacak Bluetooth asli untuk Android. Pelacak Bluetooth menjadi semakin populer, terutama berkat AirTag milik Apple.

Fitur tersebut nantinya akan berfungsi mencari perangkat pelacak tidak dikenal dengan mendeteksi Bluetooth yang berasal dari mereka.

Dilaporkan pertama kali oleh 9to5Mac yang menemukan kode APK versi terbaru layanan Google Play (versi 22.12.13). Terdapat referensi ke 'Peringatan perangkat yang tidak dikenal' dan 'Pemberitahuan Terdeteksi Tag Tidak Dikenal' untuk tag Bluetooth Low Energy (BLE), versi protokol konektivitas nirkabel yang lebih hemat energi.

Menariknya, istilah-istilah ini terkait dengan string yang digunakan Tile dan ATag, yang menurut laporan itu adalah referensi ke Airtag Apple.

Melansir Slashgear, Kamis, 31 Maret, dengan penemuan, versi Android masa depan akan memungkinkan pengguna untuk memindai dan menemukan pelacak yang tidak diinginkan di dekat mereka.

Laporan lebih lanjut juga menunjukkan bahwa fitur deteksi pelacak BLE juga akan memungkinkan pengguna Android untuk membunyikan tag yang diidentifikasi, mirip dengan bagaimana Apple memungkinkan pengguna memutar suara di AirTags yang tidak diinginkan.

Tentu saja, ide Google yang bekerja pada sistem deteksi pelacak adalah perkembangan yang menjanjikan, tetapi kurangnya spesifikasi membuatnya menjadi misteri.

Belum diketahui pasti apakah fitur Android baru perlu diaktifkan secara manual untuk memeriksa pelacak di sekitar, atau apakah fitur tersebut akan melakukan tugasnya sendiri di latar belakang dan mengirim pemberitahuan saat mendeteksi pelacak tak dikenal.

Selain itu, karena sistem yang selalu bergantung pada Bluetooth juga akan mengurangi masa pakai baterai. Seperti diketahui, ini hanya temuan dalam kode, dan bisa saja Google tidak merilis ini secara luas sebagai fitur.

Meski begitu, fitur seperti ini tentu sangat dibutuhkan karena berfungsi sebagai solusi yang ada untuk mendeteksi pelacak tak dikenal dan membuat pengguna Android lebih aman.