Bagikan:

JAKARTA - Berdasarkan laporan triwulanan yang terbaru, Meta mengungkapkan bahwa meskipun sudah tidak sepopuler dulu, Facebook berhasil melampaui 3 miliar pengguna aktif bulanan.

Jumlah tersebut bisa dikatakan cukup menyenangkan untuk perusahaan, karena Facebook masih dapat bertahan di tengah gempuran aplikasi-aplikasi baru seperti Mastodon, bahkan Threads.

Laporan yang ditemukan oleh TechCrunch itu juga menyebutkan bahwa Facebook saat ini memiliki 2,064 miliar pengguna aktif harian. Jumlah tersebut naik dari 2,037 miliar pada kuartal terakhir.

Menurut perusahaan, pertumbuhan jumlah pengguna ini sebagian dapat dikatakan karena adanya dorongan dari Reels, fitur peniru TikTok yang sangat didorong oleh Meta di Instagram dan Facebook. 

Menurut CEO Meta Mark Zuckerberg, Reels sendiri bahkan mendapatkan lebih dari 200 miliar penonton per harinya di seluruh keluarga aplikasi milik Meta.

"Saya pikir kami memiliki peta jalan paling menarik di depan yang pernah saya lihat dalam beberapa saat. Kami melihat pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari gerbang, dan yang lebih penting, kami melihat lebih banyak orang kembali setiap hari dari yang saya harapkan," kata Zuck dalam laporan tersebut.

Di sisi lain, Threads bahkan berhasil menghantam 100 juta pengguna dalam kurun waktu lima hari pasca perilisan. Tapi minggu lalu, Zuckerberg memposting bahwa “10 juta orang kembali setiap hari,” yang cukup mengesankan.