Bagikan:

JAKARTA - Google mulai memperkenalkan opsi untuk menampilkan nomor baris dalam aplikasi Docs atau Dokumen yang diatur ke mode halaman.

Dengan fitur ini, Google dapat menetapkan nomor secara otomatis ke setiap baris, yang kemudian bisa dikonfigurasikan oleh pengguna untuk menjangkau seluruh dokumen, halaman atau bagian tertentu lainnya.

Selain itu, nomor-nomor ini dipertahankan saat pengguna mencetak dokumen. Menurut perusahaan, fitur baru ini akan memudahkan pengguna untuk mereferensikan posisi konten tertentu dalam dokumen.

Terutama, saat pengguna berkolaborasi dengan orang lain pada konten yang panjang atau rumit. Sebagai informasi, fitur ini juga lebih dahulu hadir di Microsoft Word yang mendukung baris bernomor.

Tidak hanya fitur nomor baris, Google juga belum lama ini menghadirkan beberapa fitur yang memberi pengguna lebih banyak kontrol atas pemformatan di Google Docs, seperti melihat karakter non-cetak dan penyempurnaan pengaturan konten.

Untuk menggunakan fitur baru nomor baris, pengguna harus lebih dahulu menambahkan konten di Google Docs. Kemudian, pilih Alat klik Nomor baris dan Tampilkan nomor baris.

Dari sana, pengguna dapat memodifikasi mode penomoran baris dan menentukan bagian mana dari Dokumen yang ingin pengguna terapkan nomornya. Tidak ada kontrol admin untuk menerapkan fitur ini.

Fitur baru itu akan tersedia untuk semua pelanggan dan pengguna Google Workspace dengan Akun Google pribadi secara bertahap. Demikian dikutip dari The Verge, Selasa, 25 Juli.