Google Luncurkan Fitur yang Permudah Pengguna Docs, Apa Itu?
Template draf email Google Docs yang baru. (foto: Dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja meluncurkan fitur di layanan Docs-nya yang dirancang memudahkan penggunaan pengolah kata untuk menyusun email. Template draf email Google Docs yang baru memungkinkan pengguna membuat draf email dan kemudian mengekspornya ke Gmail.

Fitur yang merupakan bagian dari Smart Canvas milik Google ini memanfaatkan template draf email yang diakses dengan simbol @, sebelum memilih Draf email dari menu konteks.

Kemudian, pengguna dapat membuat draf email, termasuk menentukan penerima, baris subjek, dan teks isinya. Jika sudah siap untuk dikirim, klik ikon Gmail di sebelah kiri untuk membuka layanan email.

Tab penulisan Gmail akan muncul dan semua bidang email akan otomatis diisi dengan informasi yang pengguna masukkan dalam draf email di Google Docs. Fitur yang satu ini menurut perusahaan dapat menyelesaikan berbagai hal dengan lebih cepat.

“Kami membuatnya mudah untuk berkolaborasi dalam draf email di Documents dengan template draf email baru,” kata Google dalam unggahan blog resmi perusahaan seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis, 17 Maret.

“Anda dapat menyebut orang di bidang penerima menggunakan menu @ tanpa harus mengingat alamat email mereka, dan berkolaborasi di badan pesan menggunakan komentar dan saran," tambahnya.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada Februari lalu dan sekarang mulai diluncurkan ke semua pelanggan Google Workspace, serta pelanggan lama G Suite Basic dan Bisnis.

Fitur Gmail sering kali pertama kali diluncurkan ke pelanggan G Suite sebelum diluncurkan untuk pelanggan secara luas. Misalnya, pelanggan bisnis mendapatkan akses ke integrasi Gmail yang lebih dalam dengan Chat, Meet, dan Rooms sebelum pelanggan lainnya.