Worldcoin, Proyek Cryptocurrency Sam Altman dari OpenAI Diluncurkan
Worldcoin, proyek cryptocurrency yang didirikan oleh CEO OpenAI, Sam Altman, (foto; dok. worldcoin)

Bagikan:

JAKARTA - Worldcoin, proyek cryptocurrency yang didirikan oleh CEO OpenAI, Sam Altman, resmi diluncurkan pada  Senin, 24 Juli. Penawaran inti proyek ini adalah World ID, yang oleh perusahaan dijelaskan sebagai "paspor digital" untuk membuktikan bahwa pemegangnya adalah manusia sungguhan, bukan bot AI.

Untuk mendapatkan World ID, pelanggan harus melakukan pemindaian iris secara langsung menggunakan 'orb' Worldcoin, sebuah bola perak berukuran sekitar sebesar bola boling. Setelah pemindaian iris orb memverifikasi bahwa seseorang adalah manusia sungguhan, maka World ID akan dibuat.

Perusahaan di belakang Worldcoin adalah Tools for Humanity, yang berbasis di San Francisco dan Berlin.

Proyek ini telah memiliki 2 juta pengguna selama periode beta-nya, dan dengan peluncuran  Senin lalu, Worldcoin akan meningkatkan operasi "orbing" ke 35 kota di 20 negara. Sebagai insentif, mereka yang mendaftar di beberapa negara akan menerima token kriptocurrency Worldcoin, WLD.

Harga WLD naik dalam perdagangan awal  Senin. Di bursa terbesar di dunia, Binance, harga mencapai puncak  5.29 dolar AS dan pada pukul 1000 GMT berada di  2.49 dolar AS dari harga awal  0.15 dolar AS, dengan volume perdagangan mencapai  25,1 juta dolar AS (Rp376,2 miliar), menurut situs web Binance.

"Teknologi blockchain dapat menyimpan World ID dengan cara yang menjaga privasi dan tidak dapat dikendalikan atau ditutup oleh satu entitas tunggal," kata salah satu pendiri, Alex Blania, kepada Reuters.

Proyek ini mengatakan bahwa World ID akan menjadi hal yang penting di era chatbot AI generatif seperti ChatGPT, yang menghasilkan bahasa yang sangat mirip dengan bahasa manusia. World ID dapat digunakan untuk membedakan antara orang sungguhan dan bot AI di dunia maya.

Altman mengatakan kepada Reuters bahwa Worldcoin juga dapat membantu mengatasi bagaimana ekonomi akan diubah oleh AI generatif.

Salah satu contoh yang disukai oleh Altman adalah Universal Basic Income (UBI), sebuah program manfaat sosial yang biasanya dijalankan oleh pemerintah di mana setiap individu berhak atas pembayaran. Karena AI "akan melakukan lebih banyak pekerjaan yang saat ini dilakukan oleh manusia," Altman percaya bahwa UBI dapat membantu mengatasi kesenjangan pendapatan. Karena hanya orang sungguhan yang dapat memiliki World ID, hal ini dapat digunakan untuk mengurangi penipuan dalam penerapan UBI.

Altman mengatakan bahwa menurutnya, dunia dengan UBI akan "masih jauh di masa depan" dan dia tidak memiliki ide yang jelas tentang entitas mana yang dapat mengatur distribusi uang, tetapi Worldcoin mempersiapkan landasan untuk menjadikannya kenyataan.

"Kami berpikir bahwa kami perlu mulai bereksperimen dengan berbagai hal agar kami bisa mencari tahu apa yang harus dilakukan," katanya.