Presiden Putin Menandatangani UU Rubel Digital sebagai Mata Uang Digital Bank Sentral di Rusia
Presiden Vladimir Putin menandatangani undang-undang rubel digital (foto: twitter @mfa_russia).

Bagikan:

JAKARTA - Rusia terus maju dengan rencananya untuk menerapkan mata uang digital bank sentral (Central Bank Digital Currency/CBDC) setelah Presiden Vladimir Putin menandatangani undang-undang rubel digital menjadi hukum pada tanggal 24 Juli. Hal ini terungkap dari dokumen resmi pemerintah Rusia.

Dengan persetujuan ini, undang-undang rubel digital dijadwalkan akan berlaku mulai 1 Agustus 2023, dengan satu peraturan menjadi pengecualian yang akan diberlakukan mulai Agustus 2024.

Pasal ketiga yang mencakup amendemen pada beberapa hukum federal Rusia, termasuk yang terkait dengan kepailitan dan warisan, diharapkan akan berlaku mulai Agustus 2024.

Undang-undang baru ini secara resmi memberi kekuasaan kepada bank sentral Rusia untuk meluncurkan uji coba pertama CBDC dengan konsumen sungguhan pada bulan Agustus. Sebelumnya, pemerintah berencana untuk menguji coba CBDC pada bulan April bekerja sama dengan 13 bank lokal, termasuk bank besar seperti Sberbank.

Menurut undang-undang yang baru disahkan, bank sentral Rusia akan menjadi operator utama infrastruktur rubel digital dan akan bertanggung jawab atas semua aset yang disimpan. Rubel digital dirancang untuk digunakan sebagai metode pembayaran dan transfer uang, dan tidak dimaksudkan untuk tujuan investasi.

Rubel digital diharapkan akan berfungsi sebagai bentuk ketiga dari uang bersamaan dengan uang tunai dan rubel non-tunai. Warga negara Rusia tidak akan dipaksa untuk menggunakan CBDC, dan penggunaan rubel digital akan menjadi pilihan sukarela yang diberikan kepada individu untuk memutuskan, seperti yang dikatakan oleh Gubernur Bank of Russia, Elvira Nabiullina, pada tanggal 24 Juli. 

"Tidak ada yang akan dipaksa untuk menggunakan rubel digital [...] Tetapi kami sangat berharap bahwa ini akan lebih mudah dan lebih murah baik untuk masyarakat maupun bisnis, dan mereka akan mulai menggunakannya. Ini adalah peluang baru," kata Nabiullina dikutip Cointelegraph.

Menurut Wakil Gubernur Bank of Russia, Olga Skorobogatova, pemerintah tidak mengharapkan adopsi massal rubel digital di Rusia sebelum tahun 2025 atau bahkan 2027.

Berita ini muncul tidak lama setelah Dewan Negara Rusia - yaitu dewan rendah parlemen negara tersebut - menyetujui undang-undang rubel digital dalam pengumuman ketiga dan terakhir pada tanggal 11 Juli. Dewan Federasi kemudian menyetujui undang-undang tersebut pada tanggal 19 Juli. Menurut catatan resmi, undang-undang rubel digital awalnya terdaftar pada bulan Desember 2022.

Meskipun secara cepat mengembangkan legislasi CBDC, para pembuat kebijakan Rusia terus menunda pengenalan regulasi terkait cryptocurrency, setelah beberapa kali penundaan sebelumnya.

Pada bulan Mei, pejabat Dewan Negara, Anatoly Aksakov, berjanji untuk menyetujui empat undang-undang terkait penambangan kripto, pajak, dan penyelesaian kripto internasional. Namun, undang-undang tersebut tampaknya belum banyak berprogress sejak saat itu.