Ripple Menang, Minat Terhadap XRP Futures Meningkat Drastis
Minat terhadap kontrak berjangka XRP meningkat. (Foto; Dok. Coin24)

Bagikan:

JAKARTA - Minat terhadap XRP berjangka (futures) mencapai rekor baru lebih dari 1,1 miliar dolar AS (Rp16 triliun) karena Ripple merayakan kemenangan melawan SEC.

Data dari Coinglass, platform informasi dan perdagangan kripto, menunjukkan bahwa minat terbuka pada kontrak berjangka XRP yang melampaui angka 1 miliar dolar AS (Rp14,9 triliun) dalam 24 jam minggu lalu, mencatat rekor tertinggi baru untuk tahun 2023 ini.

Kenaikan harga XRP menandakan adanya peningkatan permintaan terhada aset tersebut. Biasanya, hal ini berarti arus masuk yang lebih besar dan mengindikasikan bahwa sentimen pasar saat ini dapat bertahan untuk sementara waktu.

Saat ini, XRP diperdagangkan pada harga Rp12.600-an, dengan kenaikan 11,1% dalam 24 jam terakhir dan 79% dalam 7 hari terakhir. Keputusan pengadilan yang mendukung Ripple Labs Inc. telah memberikan keuntungan besar pada performa harga XRP.

Pekan lalu, Pengadilan Distrik di Distrik Selatan New York memutuskan bahwa XRP bukanlah sekuritas. Keputusan ini mengakhiri perseteruan hukum antara Ripple dan SEC yang berlangsung selama bertahun-tahun. Keputusan tersebut juga turut mendongkrak harga XRP sebesar 98% dalam beberapa jam setelahnya. Selain itu, valuasi aset XRP pun meningkat hingga mencapai 46,1 miliar dolar AS (Rp690 triliun).

Mengomentari kemenangan Ripple, Gary Gensler selaku Ketua SEC, mengungkapkan kekecewaannya terhadap keputusan pengadilan. Saat ini SEC tengah "melihat dan menilai pendapat tersebut". Dengan kemenangan ini, Ripple berharap bank-bank dan lembaga keuangan AS akan menggunakan produk On-Demand Liquidity (ODL) untuk transaksi lintas batas (cross-border). Produk ODL merupakan cara cepat dan hemat biaya untuk menyelesaikan transaksi keuangan antarnegara.

Bersamaan dengan itu, Ripple juga memperingatkan komunitas XRP untuk berhati-hati terhadap penipuan atau scamming yang mencoba mengeksploitasi sentimen positif seputar Ripple dan XRP. CTO David Schwartz menegaskan bahwa tidak ada penawaran khusus, hadiah, atau airdrop yang diinisiasi oleh perusahaan untuk merayakan kemenangan ini.