Uniswap Luncurkan Protokol UniswapX untuk Atasi Masalah Perdagangan <i>On-Chain</i>
Uniswap rilis pengembangan terbaru. (Foto; Dok. Coinpost)

Bagikan:

JAKARTA - Uniswap, salah satu protokol terkemuka dalam ekosistem DeFi, telah mengumumkan pengembangan protokol baru bernama UniswapX. Rincian proyek ini dirilis melalui siaran pers, dan CEO Uniswap Labs, Hayden Adams, dijadwalkan untuk membuat pengumuman lebih lanjut tentang proyek ini pada konferensi EthCC di Paris.

UniswapX bertujuan untuk memungkinkan perdagangan di seluruh pembuat pasar otomatis atau automated market maker (AMM) dan sumber likuiditas lainnya. Saat ini, Uniswap memiliki jaminan atau "total nilai terkunci" sebesar 3,8 miliar dolar AS (Rp56,9 triliun) menurut data dari DefiLlama. Proyek UniswapX menghadirkan solusi untuk beberapa masalah yang sering dihadapi dalam perdagangan on-chain dan swap penyimpanan sendiri.

Beberapa fitur menarik dari UniswapX termasuk "harga yang lebih baik" melalui agregasi sumber likuiditas. Selain itu, UniswapX menawarkan pertukaran bebas gas, perlindungan terhadap nilai ekstraktif maksimal (MEV), dan tidak ada biaya untuk transaksi yang gagal.

UniswapX rencananya akan menjadi swap lintas rantai bebas gas dalam beberapa bulan mendatang. Proyek ini akan diluncurkan dalam versi "opt-in beta" pada antarmuka Uniswap Labs untuk jaringan utama Ethereum, dan kemudian akan diperluas ke rantai lain dan dompet Uniswap.

Proyek ini juga berusaha mengatasi masalah likuiditas yang terkadang bisa mengering di kolam likuiditas. UniswapX akan melibatkan pengisi pihak ketiga yang dapat mengisi swap secara langsung atau mengarahkan pengguna ke pool AMM yang sesuai. Pengisi pihak ketiga ini akan bersaing dengan Uniswap sendiri, yang diharapkan akan membantu menurunkan harga bagi para pedagang.

Keuntungan lain dari UniswapX adalah bahwa pengisi akan menanggung biaya gas atas nama penukar, sehingga penukar tidak perlu memiliki token jaringan asli blockchain, seperti ETH atau MATIC, untuk berpartisipasi dalam perdagangan. Pengisi juga dapat mengurangi biaya transaksi dengan menggabungkan beberapa pesanan, menciptakan lingkungan yang kompetitif untuk mencapai harga yang paling menguntungkan.

Uniswap juga menegaskan bahwa UniswapX akan membantu mengatasi masalah MEV yang sering dibenci oleh para penukar. MEV adalah skema yang memanfaatkan pratinjau transaksi yang mengantri, dan UniswapX akan mengizinkan operator jaringan untuk memanfaatkan kemampuan ini untuk melindungi pengguna dari keuntungan yang tidak adil.