Bagikan:

JAKARTA - Platform perdagangan terdesentralisasi (DEX) PancakeSwap meluncurkan Versi 3 pada jaringan Ethereum dan BNB Chain, menawarkan kinerja yang lebih baik dan biaya lebih rendah.

Versi terbaru ini memperkenalkan empat jenis tarif perdagangan berbeda dengan biaya perdagangan on-chain termurah dibandingkan dengan platform perdagangan terdesentralisasi lainnya seperti Uniswap dan SushiSwap.

PancakeSwap menawarkan empat jenis tarif perdagangan yang berbeda yaitu 0,01 persen, 0,05 persen, 0,25 persen, dan 1 persen. Keempat jenis tarif perdagangan tersebut lebih murah dibandingkan dengan Versi 2 PancakeSwap yang hanya menawarkan satu tingkat tarif 0,25 persen.

Menurut pengembang, PancakeSwap DEX Versi 3 juga menawarkan pengembalian yang lebih tinggi bagi penyedia likuiditas. Hal ini menunjukkan bahwa penyedia likuiditas dapat mengalokasikan modal secara efisien pada interval harga tertentu dengan efisiensi modal yang lebih baik.

Pengembang DEX dapat memperoleh penghasilan biaya yang lebih tinggi dari jumlah deposit yang sama dengan mengalokasikan modal pada rentang harga yang lebih kecil.

PancakeSwap Versi 3: Biaya Rendah dengan Likuiditas Tinggi

Versi terbaru dari platform market maker otomatis PancakeSwap dirancang untuk menciptakan keseimbangan antara trader yang membayar biaya terendah dan likuiditas LP terbesar yang dapat terakumulasi. Dengan menawarkan likuiditas pasangan token untuk setiap jenis tarif, PancakeSwap DEX Versi 3 melihat pasangan aset bergerak menuju jenis tarif yang paling menguntungkan.

Pada versi PancakeSwap sebelumnya, likuiditas dari penyedia likuiditas terdistribusi merata di sepanjang kurva harga pasangan perdagangan. Bursa terdesentralisasi menganggap pola ini tidak efisien karena aset biasanya diperdagangkan dalam rentang harga tertentu.

PancakeSwap Versi 3 berencana untuk memperkenalkan dua fitur baru yang masih dalam pengembangan. Fitur pertama adalah program hadiah perdagangan "VIP" Versi 3 dan fitur manajer posisi. Sebagai sistem bertingkat, program VIP akan memberi hadiah kepada trader berdasarkan volume perdagangan dengan menawarkan manfaat eksklusif.

Manfaat tersebut termasuk pengembalian biaya perdagangan sebesar 5 persen yang dapat menumbuhkan lebih banyak aktivitas di PancakeSwap dan meningkatkan potensi pendapatannya.

Sementara itu, fitur manajer posisi PancakeSwap memudahkan deposit likuiditas trader dan optimasi posisi secara mulus. Alat ini secara otomatis memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan posisi dan penghargaan biaya mereka, menghilangkan kebutuhan perhitungan manual integrasi pihak ketiga.

PancakeSwap Versi 3 kompatibel dengan semua alat yang dibuat untuk Versi 3 Uniswap. Pada Senin, PancakeSwap, yang memiliki lebih dari 1,5 juta pengguna unik, memiliki total nilai yang dikunci (TVL) lebih dari 2,5 miliar dolar AS (Rp37,1 triliun). Sementara itu, data DefiLlama melaporkan bahwa Uniswap memiliki TVL sebesar 3,9 miliar dolar AS (Rp57,9 triliun) saat ini.