Otter Chat, Chatbot AI Baru yang Bisa Bantu Pengguna Hadiri Rapat
Otter.ai, Kecerdasan Buatan (AI) kolaboratif ini dirancang sebagai bantuan untuk pengguna saat menghadirkan rapat kerja. (foto: Otter.ai)

Bagikan:

JAKARTA - Satu lagi chatbot yang dapat meringankan pekerjaan manusia, Otter Chat. Dibesut oleh Otter.ai, Kecerdasan Buatan (AI) kolaboratif ini dirancang sebagai bantuan untuk pengguna saat menghadirkan rapat kerja.

Otter Chat akan bertindak sebagai peserta rapat yang langsung menjawab pertanyaan, berkolaborasi dengan peserta rapat, dan menghasilkan konten berdasarkan data rapat.

“Meskipun ChatGPT memiliki pengetahuan besar berdasarkan data publik, ia tidak dapat menjawab pertanyaan apa pun tentang rapat tim Anda sendiri. Selain itu, ini hanya obrolan manusia-robot 1:1 tanpa kolaborasi tim," kata CEO dan salah satu pendiri Otter.ai, Sam Liang dalam blog resmi perusahaan, dikutip Kamis, 22 Juni.

Para pengguna juga dapat berkolaborasi menggunakan Otter Chat untuk saling mengirim pesan satu sama lain, mencari klarifikasi dan detail tanpa mengganggu alur diskusi verbal.

Menggunakan rapat sebagai model bahasa AI, Otter Chat bisa melakukan berbagai fungsi lainnya, termasuk penjadwalan, pembuatan catatan, pelacakan item tindakan, dan bahkan berbagi cuplikan rapat dengan anggota tim utama terlepas dari apakah mereka menghadiri rapat atau tidak.

"Ini adalah lompatan transformasional yang memberdayakan tim untuk memanfaatkan sepenuhnya nilai rapat mereka dengan cara yang kolaboratif dan cerdas AI - tepat kapan dan di mana mereka membutuhkannya," ujar Liang.

Survei Otter.ai belum lama ini, menemukan lebih dari 70 persen profesional sudah menggunakan beberapa bentuk AI dalam pekerjaan mereka.

Begitu juga dengan lebih dari 86 persen percaya pekerjaan mereka akan terlihat jauh berbeda dalam setahun karena alat AI seperti Otter Chat, yang akan merevolusi cara tim bekerja dan berkolaborasi.

Otter Chat akan diluncurkan ke semua pengguna dalam beberapa hari mendatang. Sama seperti fitur Otter.ai sebelumnya, data yang digunakan di Otter Chat tidak akan disimpan oleh pihak ketiga.