Bagikan:

JAKARTA – DuckDuckGo, mesin pencari internet, mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan AI Chat kepada seluruh pengguna. Chatbot yang bisa diakses secara gratis ini menawarkan empat model AI yang berbeda.

Melalui siaran resminya, DuckDuckGo mengatakan bahwa chatbot di platformnya terintegrasi dengan GPT 3.5 Turbo dari OpenAI Claude 3 Haiku dari Anthropic, Llama 3 dari Meta, dan Mixtral 8x7B dari Mistral. Empat model AI ini bisa diakses secara anonim.

Ada beberapa fitur yang akan DuckDuckGo hadirkan di AI Chat, mulai dari riwayat obrolan yang dirahasiakan hingga peluncuran lebih banyak model AI. Berikut ini beberapa fitur yang akan ditambahkan ke dalam DuckDuckGo.

• Semua obrolan di chatbot DuckDuckGo akan bersifat pribadi dan dianonimkan. Tidak ada percakapan yang dijadikan alat pelatihan untuk model AI apa pun.

• AI Chat bisa diakses melalui situs resmi DuckDuckGo. Pengguna hanya perlu membuka pintasan ai! dan chat! di dalam tab Chat.

• DuckDuckGo akan menambahkan lebih banyak model AI dalam beberapa waktu ke depan. Mesin pencari ini berencana menambahkan paket berbayar untuk akses tanpa batas.

DuckDuckGo menjelaskan bahwa mayoritas model AI akan mengambil informasi pribadi seseorang, tetapi permasalahan ini tidak terjadi di DuckDuckGo. Perusahaan itu mengeklaim bahwa AI Chat merupakan salah satu chatbot yang aman digunakan.

"DuckDuckGo AI Chat adalah cara gratis dan anonim untuk mengakses chatbot AI populer," kata mesin pencari tersebut. "Jika Anda tertarik dengan chatbot AI, tetapi memiliki masalah privasi yang sama, DuckDuckGo AI Chat cocok untuk Anda."

Lebih lanjut, DuckDuckGo menjelaskan bahwa chatbot di platformnya memang menyimpan obrolan, tetapi hanya untuk sementara. Seluruh penyedia model AI di AI Chat hanya boleh menyimpan obrolan selama 30 hari, setelah itu semua obrolan harus dihapus.