Bagikan:

JAKARTA - DuckDuckGo sekarang memiliki asisten berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Diluncurkan mulai hari ini dalam versi beta yang disebut DuckAssist.

DuckAssist dapat langsung menjawab langsung permintaan pencarian untuk pengguna. Berbasis AI generatif yang dikembangkan dalam kemitraan dengan pembuat ChatGPT, OpenAI dan perusahaan riset AI Anthropic.

Anthropic merupakan sebuah startup yang didirikan oleh mantan karyawan OpenAI, untuk memperkuat kemampuan peringkasan bahasa alami, dikombinasikan dengan pengindeksan aktifnya sendiri dari Wikipedia dan situs referensi lain yang digunakannya untuk sumber jawaban.

Lebih lanjut, DuckAssist akan bekerja saat pengguna bertanya melalui mesin pencari itu tentang warna sebuah gaun yang viral di 2015, kemudian pengguna akan mendapat jawaban langsung dan sedikit info lebih lanjut tentang bagaimana gaun itu dibuat.

Melansir TechCrunch, Kamis, 9 Maret, DuckAssist baru tersedia melalui aplikasi dan ekstensi browser DuckDuckGo, tetapi perusahaan berencana untuk meluncurkannya ke semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur yang masih dalam versi beta itu bisa diakses secara gratis dan tidak mengharuskan pengguna login. Saat ini, baru tersedia dalam bahasa Inggris.

CEO dan Founder DuckDuckGo Gabe Weinberg menyatakan, model AI yang digunakan mesin pencarinya saat ini untuk mendukung peringkasan bahasa alami adalah, model Davinci dari OpenAI dan model Claude dari Anthropic.

Dia juga mencatat DuckDuckGo sedang bereksperimen dengan model Turbo baru OpenAI yang belum lama diumumkan. Sumber yang akan digunakan untuk menampilkan jawaban DuckAssist yakni 99 persen berasal dari Wikipedia.

“AI generatif di balik DuckAssist menghasilkan teks baru untuk kueri tertentu, di mana jawaban instan standar umumnya mengeluarkan tanda kutip. Dengan cara ini, DuckAssist dapat lebih responsif secara langsung terhadap kueri, menampilkan informasi yang terkubur dalam artikel dengan cepat, dan menyintesis informasi dari beberapa cuplikan Wikipedia. Hasilnya, ini dapat menjawab pertanyaan yang lebih luas," ungkap Weinberg.

Weinberg ke depannya akan berusaha mencari sumber lain yang dapat dipercaya. Dia menambahkan, peringkasan AI generatif menjadi jalur utama untuk memperluas berapa banyak pertanyaan yang dapat langsung dijawab dengan cara ini, penambahan AI generatif ke dalam campuran di sini sebagai jawaban instan yang terintegrasi penuh.

"Dua manfaat utama dibandingkan dengan jawaban instan lainnya adalah jawaban DuckAssist akan lebih responsif secara langsung terhadap pertanyaan pengguna, dan bahwa DuckAssist dapat menjawab lebih banyak pertanyaan secara signifikan,” ujar Weinberg.

Pada sisi privasi, DuckDuckGo menjanjikan pencarian ini dengan fitur AI akan bersifat anonim dan, sejalan dengan janji privasi utamanya, tidak ada data yang dibagikan dengan pihak ketiga mana pun.