Twitter Ingin Fokus pada Video, Kreator, dan Kemitraan Komersial untuk Memulihkan Bisnisnya
CEO baru Twitter, Linda Yaccarino dan sang ayah. (foto: twitter @lindayacc)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter berencana untuk fokus pada video, kreator, dan kemitraan komersial guna memulihkan bisnisnya di luar iklan digital, demikian yang diungkapkan dalam presentasi investor oleh pemiliknya, Elon Musk, dan CEO baru Linda Yaccarino yang telah ditinjau oleh Reuters.

Yaccarino, yang mulai menjabat sebagai CEO pada tanggal 5 Juni, mengatakan kepada para investor Twitter pada Kamis 15 Juni  bahwa perusahaan ini sedang melakukan pembicaraan awal dengan tokoh politik dan hiburan, layanan pembayaran, serta penerbit berita dan media mengenai potensi kemitraan. Hal ini diketahui dari sebuah sumber yang familiar dengan masalah tersebut dan berbicara dengan syarat anonimitas untuk membahas panggilan investor yang bersifat pribadi.

"Presentasi ini merupakan kali pertama Yaccarino berbicara kepada para investor perusahaan," tambah sumber tersebut.

Setelah Musk mengakuisisi Twitter pada Oktober 2022, perusahaan media sosial ini mengalami beberapa bulan kekacauan, termasuk pemecatan ribuan karyawan, kritik atas moderasi konten yang kurang ketat, dan kepergian banyak pengiklan yang tidak ingin iklan mereka muncul di sebelah konten yang tidak pantas.

Perekrutan Yaccarino oleh Musk, seorang eksekutif periklanan veteran yang telah memodernisasi penjualan iklan di NBCUniversal, konglomerat hiburan dan berita yang dimiliki Comcast, adalah sebuah sinyal bahwa iklan digital tetap menjadi prioritas bagi Twitter.

Beberapa perusahaan pembelian iklan sempat merekomendasikan kepada klien mereka untuk menghentikan pengeluaran iklan di Twitter setelah pengambilalihan oleh Musk. Namun, rekomendasi tersebut telah dibalikkan dan saat ini tidak ada perusahaan periklanan besar yang merekomendasikan untuk menghentikan iklan, seperti yang terlihat dalam slide yang ditampilkan dalam presentasi tersebut.

Merek-merek ternama seperti Warner Bros, Mondelez, McDonald's, dan Walmart telah melanjutkan iklan mereka di Twitter setelah sempat menghentikannya sementara waktu, demikian yang disebutkan dalam slide tersebut.

Yaccarino mengatakan kepada para investor bahwa pengeluaran iklan dalam beberapa kategori pengiklan saat ini telah meningkat minimal 40% dibandingkan tahun sebelumnya, termasuk dalam kategori kesehatan, barang konsumen, dan layanan keuangan, kata sumber tersebut. Seorang eksekutif Twitter menolak untuk memberikan komentar.

Di bawah kepemimpinan Musk, Twitter mengubah nama bisnisnya menjadi X Corp., mencerminkan visi miliarder tersebut untuk menciptakan "super aplikasi" seperti WeChat di China, yang dikatakannya akan mencakup pembayaran digital dan layanan lainnya.

Twitter sedang mengajukan "izin pengirim uang" di 50 negara bagian Amerika Serikat, sesuai dengan slide yang terdapat dalam presentasi.

Perusahaan juga berfokus pada pertumbuhan konten video di platformnya. Video vertikal kini menyumbang lebih dari 10% waktu yang dihabiskan di Twitter, demikian yang tercantum dalam slide lainnya.

Selain itu, mantan pembawa acara Fox News, Tucker Carlson, meluncurkan acara baru di platform tersebut bernama "Tucker on Twitter" pada awal bulan ini.

Twitter memperkirakan bahwa mereka dapat menjual iklan dan sponsor bersama video-video dari Carlson dan kreator konten lainnya, ungkap sumber tersebut.

Yaccarino juga mengatakan kepada rekan kerjanya dalam beberapa hari terakhir bahwa Musk telah menunjukkan dukungan yang kuat terhadap gagasannya, dan hubungan kerja mereka dimulai dengan baik, tambah sumber tersebut.