Kreator Berita TikTok Membentuk Narasi Baru dalam Jurnalisme
Kini banyak jurnalis memanfaatkan TikTok. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk memahami peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya pada 6 Januari 2021, Vitus "V" Spehar melakukan apa yang tidak akan dilakukan oleh jurnalis tradisional, yakni merangkak di bawah meja dan mulai merekam video untuk TikTok.

Seperti orang lain yang menyaksikan serbuan Gedung Capitol AS di TV, Spehar, yang menggunakan kata ganti mereka, merasa perlu untuk membicarakannya. Namun, "Saya tidak ingin membuat orang berpikir bahwa saya adalah seorang ahli," kata Spehar, yang merekam video TikTok itu dari rumah mereka di Rochester, New York. "Jadi saya berpikir, di mana tempat aman untuk berbicara?"

Dua tahun kemudian, akun TikTok "Under the Desk News" menarik hampir 3 juta pengikut, yang menghargai pandangan lebih lembut Spehar terhadap berita sehari-hari. Acara tersebut menghindari kejahatan sejati, sambil fokus pada subjek di mana orang dapat mengambil tindakan. Spehar berusaha untuk mengakhiri setiap video dengan catatan yang lebih ringan.

Sejak popularitas aplikasi video pendek ini meningkat pada awal pandemi, orang-orang seperti Spehar berbondong-bondong ke platform tersebut untuk membahas, mendokumentasikan, dan berbagi apa yang sedang terjadi di dunia. Banyak dari mereka menyebut diri mereka sebagai kreator atau pengaruh. Mereka tidak bercita-cita menjadi jurnalis tradisional.

Yang menyatukan para kreator berita ini adalah keinginan untuk membicarakan dunia mereka dengan cara yang autentik. Hal itu berhasil menyentuh jutaan pengikut muda, generasi konsumen media yang sulit dijangkau namun sangat diinginkan berikutnya, yang tidak mungkin menonton berita kabel atau membaca koran.

Dengan meninggalkan konvensi, para kreator berita ini berusaha untuk menciptakan narasi baru bagi jurnalisme pada saat bisnis tersebut mengalami penurunan yang cepat dan membutuhkan pembaruan yang mendesak. Alih-alih mengulang ringkasan berita harian, beberapa orang memilih untuk terhubung langsung dengan audiens mereka melalui bagian komentar video, dan yang lain memperlihatkan pandangan mereka seperti tanda pengenal.

Josh Helfgott, pengguna TikTok dengan 5,5 juta pengikut, mengunggah serangkaian video berulang yang disebut "Berita Gay" yang membahas peristiwa terkini yang relevan bagi penonton LGBTQ. Inspirasi untuk akunnya adalah dirinya sendiri ketika berusia 13 tahun, yang merasa terisolasi saat tumbuh dewasa sebagai remaja gay.

"Saya ingin menginspirasi orang atau membuat siapa pun merasa lebih sedikit sendirian," kata Helfgott, dikutip Reuters.

Video berita buatannya, yang secara rutin menerima lebih dari 1 juta penonton, telah mencakup segalanya mulai dari Presiden AS Joe Biden mengadakan perayaan Pride di Gedung Putih hingga Human Rights Campaign menyatakan keadaan darurat bagi masyarakat LGBTQ di Amerika.

"Ada sangat sedikit cerita yang berpusat pada isu LGBTQ yang didengar oleh masyarakat umum," kata Helfgott.

Perasaan tidak berdaya dan terisolasi telah menginspirasi saluran-saluran lain. Kristy Drutman meluncurkan "Brown Girl Green" yang fokus pada perubahan iklim, dan dia mengatakan dia mulai memposting di TikTok dan Instagram karena orang-orang berkulit berwarna jarang diwakili dalam diskusi tentang lingkungan.

"Saya mencoba mengikuti perkembangan berita iklim dan berita yang bisa memberikan harapan kepada orang-orang," kata Drutman. "Saya berpikir tentang solusi."

Salah satu video TikTok Drutman menjelaskan bagaimana orang dapat memanfaatkan kredit pajak untuk melakukan pembaruan yang ramah lingkungan di rumah mereka, sementara video lainnya menunjukkan laporan perubahan iklim internasional yang menunjukkan bahwa belum terlambat bagi negara-negara untuk mengambil langkah-langkah mengatasi pemanasan global.

Media berita tradisional sedang dalam krisis yang dalam. Untuk setiap pengecualian, seperti pendapatan digital yang meningkat pesat bagi langganan New York Times, ada lebih banyak cerita horor tentang lalu lintas yang stagnan dan penurunan jumlah pembaca dan penonton.

Hingga saat ini , lebih dari 1.900 pekerjaan telah dihapus dalam industri berita AS, melebihi 1.808 pekerjaan yang hilang pada seluruh tahun 2022, menurut laporan dari perusahaan penempatan kerja Challenger, Gray & Christmas. Para pendongeng berita yang pernah menjadi favorit di era media sosial, seperti BuzzFeed News dan Vice, telah mati atau berada dalam kondisi kritis.

Sementara itu, TikTok adalah platform media sosial yang paling cepat berkembang untuk berita, menurut laporan dari Reuters Institute for the Study of Journalism yang diterbitkan pada Selasa, 13 Juni. Dua puluh persen dari orang berusia 18 hingga 24 tahun menggunakan TikTok untuk mempelajari peristiwa terkini, naik 5 poin persentase dari tahun lalu, demikian laporan tersebut menyebutkan.

Lisa Remillard, seorang jurnalis siaran dengan pengalaman selama 20 tahun yang pernah menjadi pembawa acara TV di Tallahassee, Florida, dan San Diego, California, berharap dapat memanfaatkan pertumbuhan ini menjadi model bisnis baru yang dapat membantu jurnalis independen mencari penghasilan di TikTok dan platform media sosial lainnya.

Remillard mendirikan BEONDTV, sebuah perusahaan media digital hiburan dan gaya hidup.

Sejak 2020, dia juga berperan sebagai satu-satunya wartawan di redaksi, mengambil video untuk menjelaskan berita nasional terbesar setiap hari kepada 2,5 juta pengikut TikTok-nya, seperti kesepakatan batas utang AS dan kemungkinan pelarangan TikTok di Amerika Serikat karena kepemilikan platform tersebut oleh China.

"Dalam harapan dan impian terdalam saya, saya berharap ini bisa menjadi hasil dari semua kerja keras ini," kata Remillard, mengungkapkan harapannya akan model bisnis baru bagi jurnalis independen.

Ketika "Under the Desk News" milik Spehar mulai menjadi populer, Los Angeles Times mempekerjakan mereka selama enam bulan tahun lalu untuk menjadi wajah akun TikTok organisasi berita tersebut. Manfaatnya saling menguntungkan: Spehar belajar bagaimana jurnalisme diproduksi, sementara penerbit mendapatkan keahlian TikTok dari Spehar.

Saran Spehar untuk jurnalis adalah membangun pengikut di TikTok yang akan membayar liputan mereka di platform berlangganan seperti Substack, di mana beberapa penulis telah berhasil menciptakan karier yang menguntungkan.

"Pilih dunia yang ingin Anda tunjukkan pada orang dan beri tahu mereka persis cerita apa yang Anda liput," kata Spehar.

Terkait