Bagikan:

JAKARTA - TikTok menyadari kreator yang kerap membuat filter atau efek berbasis Augmented Reality (AR) memberi dampak lebih untuk platform. Karenanya, fitur monetisasi baru kembali diluncurkan.

Perusahaan secara resmi mengumumkan Effect Creator Rewards dengan mengucurkan dana 6 juta dolar AS (Rp89,2 miliar) untuk merayakan dan memberi penghargaan kepada kreator efek di TikTok

"Pembuat Effect House telah memberikan dampak yang sangat besar pada TikTok karena efek inovatif mereka telah memicu tren, membentuk budaya, dan menginspirasi orang untuk membuat konten yang membawa kegembiraan bagi komunitas global kami," ujar TikTok dalam pernyataan resmi, dikutip Rabu, 17 Mei.

"Untuk lebih merayakan dan memberi penghargaan kepada pembuat efek di TikTok, kami mengumumkan Penghargaan Pembuat Efek, sebuah inisiatif baru yang memberikan penghargaan kepada pembuat efek dengan performa tinggi," imbuhnya.

Dana miliaran tersebut nantinya akan tersedia untuk kreator di wilayah tertentu, seperti AS, Inggris Raya, Prancis, Jerman, Spanyol, serta negara yang memenuhi syarat untuk Creator Fund.

Selain itu, program ini juga akan menawarkan pembayaran kepada kreator berdasarkan keterlibatan komunitas dengan efeknya.

Pengguna juga diwajibkan berusia 18 tahun ke atas dan memiliki 500 ribu tayangan dalam waktu 90 hari setelah dipublikasikan, kreator akan mengumpulkan 700 dolar AS (Rp10 jutaan).

Untuk setiap 100 ribu video yang dipublikasikan setelahnya dalam 90 hari yang sama, kreator akan mengumpulkan tambahan sebanyak 140 dolar AS (Rp2 jutaan). Agar memenuhi syarat, kreator harus membuat efeknya melalui Effect House, platform AR milik TikTok.

Lebih lanjut, TikTok juga mengumumkan Program Kreativitas Beta, versi perbaikan dari Creator Fund-nya. Program tersebut menawarkan formula baru yang memberikan pendapatan kotor rata-rata lebih tinggi untuk penayangan video yang memenuhi syarat, memberikan potensi kepada kreator untuk memperoleh imbalan yang lebih tinggi.

Selain itu, dasbor yang diperbarui juga memberikan lebih banyak wawasan, termasuk estimasi hadiah, metrik dan analitik kinerja video, dan detail tentang kelayakan video.

"Kreator yang memenuhi syarat harus berbasis di BR, FR, atau AS, dan memiliki akun bereputasi baik dan setidaknya 10 ribu pengikut dengan minimal 100 ribu penayangan dalam 30 hari terakhir dan video harus berkualitas tinggi, konten asli yang lebih panjang dari satu menit," jelas TikTok.