TikTok Uji Coba Program Kreativitas Baru yang Membayar Kreator dengan Video Lebih Panjang
TikTok tengah menguji cara baru bagi kreator di platform mereka. (foto: dok pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok tengah menguji cara baru bagi kreator di platform mereka untuk mendapatkan bayaran dan memposting video lebih panjang adalah syaratnya.

Program baru yang diumumkan hari ini, yang disebut Program Kreativitas, sedang dalam pengujian beta di AS, Prancis, dan Brasil serta mengkonfirmasi laporan sebelumnya oleh The Information tentang taktik yang digunakan TikTok untuk meningkatkan pertumbuhan yang melambat di AS. Program baru ini hanya tersedia untuk akun undangan terlebih dahulu untuk saat ini, namun akan diperluas untuk semua pengguna yang memenuhi syarat di masa depan.

Untuk memenuhi syarat program, pengguna harus berusia di atas 18 tahun, mencapai target pengikut dan tampilan video, dan, yang paling menarik, membuat "video asli berkualitas tinggi yang lebih lama dari satu menit."

Fokus pada video yang lebih lama mungkin mengejutkan beberapa orang — bagaimanapun, itulah TikTok yang meyakinkan setiap perusahaan media sosial besar lainnya untuk mengambil video pendek secara serius. Tetapi TikTok telah menandakan dengan lebih dari satu cara bahwa konten yang lebih panjang, termasuk siaran langsung, akan semakin penting bagi platform ke depan.

Latar belakang dari peluncuran ini adalah keluhan utama yang dibuat oleh kreator dengan perusahaan: pengguna mengatakan mereka tidak cukup menghasilkan uang dari dana kreator asli. TikTok mengatakan program baru ini akan "mendorong kreativitas [kreator], menghasilkan potensi pendapatan yang lebih tinggi, dan membuka peluang dunia nyata yang lebih menarik," tetapi tidak menawarkan kejelasan tentang ruang lingkup program baru atau seberapa banyak peserta dapat menghasilkan (atau apakah itu akan lebih dari pendapatan Dana Kreator mereka).

Jurubicara TikTok, Zachary Kizer, mengatakan kepada The Verge bahwa perusahaan tidak dapat membagikan berapa banyak uang yang akan masuk ke dalam program baru ini pada saat ini.

Kizer menegaskan bahwa pembayaran tidak berasal dari pembagian pendapatan iklan dan bahwa pembayaran akan dihitung menggunakan tampilan yang memenuhi syarat dan RPM, sebuah angka yang dapat berfluktuasi berdasarkan metrik seperti keterlibatan video dan wilayah audiens.

Kreator yang menjadi bagian dari dana kreator asli akan memiliki opsi untuk beralih ke Program Kreativitas Beta tetapi tidak akan dapat kembali ke dana asli.

Dana kreator asli, yang diumumkan pada tahun 2020, memiliki dana sebesar 1 miliar dolar AS (15,1 triliun) untuk pesertanya, yang akan dibayarkan selama tiga tahun.

Meta berjanji untuk mengeluarkan 1 miliar dolar AS hingga akhir 2022 untuk para kreator; sementara itu, YouTube menawarkan program berbagi pendapatan yang cukup besar kepada kreator konten yang membuat Shorts, dengan YouTube mempertahankan 55 persen dan memberikan 45 persen kepada kreator.