Google Assistant Berhenti Beroperasi untuk Aplikasi Daftar dan Catatan Pihak Ketiga Mulai 20 Juni
Google mengumumkan akan segera menghentikan dukungan Assistant untuk aplikasi daftar dan catatan pihak ketiga. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google mengumumkan akan segera menghentikan dukungan Assistant untuk aplikasi daftar dan catatan pihak ketiga. Perusahaan sekarang bakal mengutamakan aplikasi milik pribadi untuk mengakses asisten virtual itu.

"Mulai 20 Juni, catatan dan daftar Google Assistant tidak akan berfungsi lagi dengan aplikasi daftar non-Google. Anda tetap dapat mengakses info Anda di aplikasi non-Google kapan saja," tulis Google pada postingan komunitasnya, dikutip Senin, 5 Juni.

Google Assistant adalah cara mudah untuk membuat catatan dan daftar dengan cepat. Meskipun Google belum memberikan alasan khusus untuk perubahan tersebut, diasumsikan keputusan ini terkait dengan fokus perusahaan pada produk dan layanannya sendiri.

Artinya, aplikasi pembuat daftar populer, termasuk Any.do, AnyList, dan Bring akan terpengaruh dengan kebijakan baru ini. Pengguna akan kehilangan opsi untuk membuat catatan atau daftar dengan aplikasi tersebut menggunakan Google Assistant.

"Kami tahu banyak pelanggan kami mengandalkan integrasi AnyList dengan Google Assistant dan hilangnya fitur ini membuat frustrasi dan mengecewakan," kata AnyList dalam posting blog.

"Kami terus berkomunikasi dengan Google dan berharap dapat mendukung Google Assistant di perangkat Android lagi di masa mendatang, tetapi kami tidak memiliki sesuatu untuk diumumkan saat ini," imbuhnya.

Namun, pengguna masih dapat menggunakan Google Assistant untuk membuat daftar atau catatan di aplikasi tersebut hingga 20 Juni 2023, sampai dukungan diakhiri.

Sebagai gantinya, mereka harus beralih menggunakan aplikasi Google Keep. Perusahaan menyatakan pengguna dapat menggunakan kategori catatan dan daftar Assistant di Google Takeout untuk mengekspor daftar dan catatan lama, termasuk dari aplikasi catatan pihak ketiga, seperti dilansir dari Android Central.

Tetapi, daftar belanja yang dibuat oleh layanan daftar pihak ketiga tidak akan disinkronkan ke Google Keep. Jika pengguna tidak menyukai hal ini, mereka dapat beralih ke Amazon Alexa dan Siri, yang masih mendukung integrasi pihak ketiga.