Google Tambahkan Fitur AI di Pencarian Gmail, Pengguna Bisa Mudah Temukan Email Penting!
DOK Google

Bagikan:

JAKARTA - Google kembali menambahkan Kecerdasan Buatan (AI) ke dalam lini produknya, Gmail. Memudahkan pengguna menemukan hasil pencarian yang paling relevan terlebih dahulu, diikuti oleh hasil lainnya dalam urutan kronologis.

Fitur ini akan bekerja dengan memanfaatkan model pembelajaran mesin, ketika pengguna membuka Gmail dan mengetuk bilah pencarian untuk mencari email tertentu, maka aplikasi akan memunculkan hasil teratas berdasarkan beberapa faktor.

Seperti istilah pencarian, email terbaru, dan menempatkannya di bagian atas daftar. Email itu akan diberi label Hasil Teratas yang dapat membantu pengguna dengan cepat, tanpa harus menelusuri daftar panjang.

Sementara, email lainnya yang relevan akan mengikuti di bawah bagian khusus, diikuti oleh semua hasil yang diurutkan berdasarkan email terkini.

Gmail akan menampilkan dua hasil yang relevan di bagian ini, agar pengguna dapat mengidentifikasi email yang paling cocok dengan kueri mereka sehingga pengguna dapat fokus pada yang pertama.

Bagian khusus itu diikuti oleh bagian semua hasil, dengan email terbaru diutamakan. Jadi, jika pengguna tidak menemukan apa yang dicari di bagian Hasil Teratas, mereka dapat menggulir ke bagian semua hasil dalam email.

Fitur pencarian baru akan mulai diluncurkan hari ini, untuk pelanggan Google Workspace dan akun Google pribadi. Tetapi, perusahaan menyatakan perlu waktu hingga dua minggu untuk muncul di aplikasi Gmail.

Perlu dicatat, tidak ada kontrol admin untuk fitur ini sehingga admin tidak perlu mengaktifkannya untuk akun Workspace. Fitur tersebut seharusnya mulai berfungsi setelah diluncurkan ke aplikasi. Demikian dikutip dari Android Central, Sabtu, 3 Juni.