Pengembang Kripto Synthetix (SNX) Akan <i>Burn</i> Token
Token SNX. (Foto; Dok. Binance US)

Bagikan:

JAKARTA – Pengembang Synthetix (SNX) dikabarkan akan mengurangi pasokan token SNX yang beredar dengan menggunakan mekanisme burning atau pembakaran. Mekanisme ini akan melenyapkan sejumlah pasokan token dari peredaran. Metode ini biasanya berpotensi meningkatkan nilai token itu sendiri.

Synthetix adalah protokol keuangan terdesentralisasi atau DeFi. Token SNX diperdagangkan di harga Rp34.158 pada pukul 16:28 WIB hari ini. Rencana burning tersebut diusulkan oleh pendiri Synthetix, Kain Warwick melalui postingan blognya.

Dia menyampaikan 12 saran yang berbeda untuk masa depan proyek Synthetix. Salah satunya adalah pembagian SNX 3:1 dan buyback serta burn token. Warwick berpendapat bahwa meskipun inflasi masih diperlukan sebagai insentif dan likuiditas, mekanisme buyback dan burn tetap dapat berguna.

Meski begitu, saran ini baru masih bersifat konseptual dan diperlukan konfirmasi dari Dewan Keuangan perusahaan melalui mekanisme pemungutan suara. Mengutip DailyHodl, Warwick menyampaikan potensi keuntungan dari strategi tersebut. Jika pembagian 3:1 dilakukan, sekitar 90 juta token SNX tambahan dapat dibeli kembali dan dibakar dengan nilai pasar sekitar 60 juta dolar AS (atau setara Rp896 miliar).

Sumber dana untuk pembakaran ini diharapkan berasal dari hasil biaya treasury, yang saat ini menghasilkan sekitar 5 juta dolar AS (Rp74,7 miliar) per tahun. Jika volume perdagangan meningkat di masa mendatang, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembakaran ini dapat berkurang secara signifikan.

Sebagai informasi, Synthetix adalah protokol yang memungkinkan aset sintetis diterbitkan dan diperdagangkan di Ethereum (ETH). Salah satu platform teratas yang didukung oleh Synthetix adalah Kwenta.io, yang menawarkan perdagangan mata uang kripto, mata uang fiat, dan aset lainnya dengan leverage secara terdesentralisasi.

Baru-baru ini, Synthetix juga meluncurkan dukungan untuk beberapa token seperti koin meme Pepe Coin (PEPE), Sui Network (SUI), Blur, XRP, Polkadot (DOT), Floki Inu (FLOKI), dan kontrak abadi Injective Protocol (INJ). Dengan lebih dari 40 pair perdagangan yang tersedia, Synthetix terus memperluas jangkauannya di pasar kripto.