Netflix Gaet Lima Juta Pengguna Aktif pada Paket yang Didukung Iklan
Netflix berhasil menggaet hampir 5 juta pengguna aktif bulanan 9fotoL dok. netflix).

Bagikan:

JAKARTA - Netflix berhasil menggaet hampir 5 juta pengguna aktif bulanan ke layanan tingkat iklan barunya, meningkat lebih dari dua kali lipat sejak awal 2023.

Layanan yang sebelumnya dijuluki Basic with Ads dan sekarang menjadi Standard with Ads itu diluncurkan pada November 2022.

Selama presentasi di 2023 Upfront minggu ini, Netflix menyatakan layanan tersebut sekarang telah memiliki hampir 5 juta pengguna aktif bulanan global, merupakan ukuran yang berbeda dari pelanggan, karena banyak orang dalam satu rumah tangga dapat menggunakan satu akun Netflix.

"Lebih dari seperempat pendaftar kami sekarang memilih paket iklan di negara-negara yang menyediakannya," ujar co-CEO Netflix, Greg Peters.

"Keterlibatan pada rencana iklan kami serupa dengan rencana non-iklan kami yang sebanding," imbuhnya.

Perusahaan mencatat, usia rata-rata pengguna adalah 34 tahun. Selain itu, lebih dari 25 persen pendaftaran baru juga ada di tingkat periklanan.

“Sinyalnya menjanjikan: keterlibatan pada rencana iklan kami serupa dengan rencana non-iklan kami yang sebanding,” kata Peters.

“Itu penting karena semuanya dimulai dan diakhiri dengan konsumen. Itu sebabnya, terlepas dari semua persaingan di luar sana, Netflix adalah layanan streaming paling populer saat ini," imbuhnya.

Harganya memang lebih murah ketimbang paket serupa dari layanan streaming lainnya, seperti Disney Plus dan HBO Max.

Di mana mereka menetapkan harga 10 dolar AS (Rp149 ribuan) per bulan, sementara Netflix hanya 7 dolar AS (Rp104 ribuan) per bulan.

Lebih lanjut, CNET, dikutip Jumat, 19 Mei, berhasil mengulik lebih dalam pada layanan Standard with Ads itu, di mana mereka menemukan film serta acara TV yang tidak lengkap, tetapi iklan tidak diputar di semua hal.

Durasi iklan yang diputar bervariasi, seperti 30 detik satu kali dan jeda iklan 75 detik di lain waktu. Bulan lalu, Netflix juga memperkenalkan peningkatan pada paket yang didukung iklan, termasuk kualitas video 1080p (peningkatan dari 720p) dan kemampuan streaming di dua perangkat secara bersamaan.