SAP dan Google Cloud Perluas Kemitraan Demi Masa Depan Data Terbuka dan AI untuk Perusahaan
Google cloud perluas kemitraan dengan SAP SE (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - SAP SE dan Google Cloud mengumumkan ekspansi kemitraan mereka dengan memperkenalkan penawaran data terbuka komprehensif yang dirancang untuk menyederhanakan lanskap data dan memanfaatkan kekuatan data bisnis. 

Penawaran ini memungkinkan pelanggan membangun data cloud end-to-end yang menghadirkan data dari seluruh lanskap perusahaan menggunakan solusi SAP Datasphere bersama dengan data cloud Google. Sehingga bisnis dapat mengakses seluruh kumpulan data secara real-time dan memaksimalkan nilai investasi mereka untuk perangkat lunak Google Cloud dan SAP.

Dengan kolaborasi ini, perusahaan mampu menggabungkan data perangkat lunak SAP dan data non-SAP di Google Cloud dengan mudah. Artinya, perusahaan secara signifikan dapat mempercepat transformasi digital mereka dengan landasan data yang komprehensif dan pemahaman holistik tentang semua faktor yang dapat memengaruhi atau berdampak pada bisnis mereka.

"Menggabungkan sistem dan data SAP dengan data cloud dari Google telah menghadirkan peluang baru bagi perusahaan untuk memperoleh nilai lebih dari data lengkap mereka. SAP dan Google Cloud berbagi komitmen untuk membuka data dan kemitraan kami yang diperluas akan membuka jalan untuk data yang disimpan dalam sistem, database, dan lingkungan yang berbeda," ujar Christian Klein, CEO dan anggota Executive Board SAP SE dalam pernyataan yang diterima pada Selasa, 16 Mei. 

Menurut Kelin, pelanggan tidak hanya mendapat manfaat dari AI bisnis yang sudah dibangun ke dalam sistem mereka, tetapi juga dari fondasi data terpadu.

"Dengan mengintegrasikan data dan sistem SAP secara mendalam dengan cloud kami, pelanggan akan dapat memanfaatkan kemampuan analitik kami, serta tools AI canggih dan model bahasa besar untuk menemukan insights baru dari data mereka," tambah Thomas Kurian, CEO, Google Cloud. 

Perusahaan di Asia Tenggara, seperti Blue Bird Group, JB Cocoa, Kopi Kenangan, Link Net, NTUC Enterprise, Ocean Network Express, Siam Cement Group, dan Vingroup telah bekerja sama Google Cloud dan SAP untuk membantu mereka menjalankan bisnis dengan lebih cerdas dan berkelanjutan, serta mencapai hasil yang berdampak positif.

Penawaran data terbuka baru dari SAP dan Google Cloud melengkapi solusi RISE with SAP dan memungkinkan pelanggan untuk:

  • Akses data bisnis penting secara real-time
  • Menyederhanakan lanskap data
  • Membuat insights tepercaya dengan model AI dan machine learning (ML) lanjutan Google Cloud
  • Lakukan analisis lanjutan
  • Memanfaatkan solusi bersama untuk keberlanjutan
  • Menggunakan SAP Business Technology Platform (SAP BTP) di Google Cloud secara global.