SAP Hadirkan Solusi AI Generatif untuk Dukung Transformasi Bisnis
Acara Media Roundtable SAP (foto: dok. SAP)

Bagikan:

 

JAKARTA – Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang sangat penting dalam pertumbuhan bisnis. Namun, teknologi ini berkembang dengan sangat cepat sehingga SAP membuat program baru.

Disampaikan dalam sesi media roundtable yang diadakan secara virtual, SAP Southeast Asia membahas program yang dapat mengembangkan inovasi data transformatif untuk membantu pelanggan. Program ini terintegrasi ke dalam solusi SAP Datasphere.

SAP Datasphere merupakan platform yang memberikan akses terukur ke data bisnis yang sangat penting. Salah satu inovasi yang SAP hadirkan di Datasphere adalah fitur AI generatif untuk menyederhanakan lanskap dan interaksi data.

Chief AI Officer SAP Philipp Herzig, salah satu pembicara, mengatakan AI menjadi salah satu tantangan besar bagi organisasi maupun perusahaan. Teknologi ini biasanya memiliki kekurangan di data yang berkualitas atau perlindungan privasi data.

"Dengan inovasi terbaru kami dalam SAP Datasphere, kami bertujuan mengatasi kedua tantangan tersebut, sehingga memungkinkan adopsi AI yang lebih cepat untuk proses bisnis pelanggan," kata Philipp.

Sejalan dengan pernyataan Herzig, President and Managing Director SAP Southeast Asia Verena Siow mengatakan bahwa organisasi atau perusahaan memang membutuhkan data yang berkualitas sebagai landasan dari strategi bisnis.

"AI memiliki potensi untuk meningkatkan ekonomi di Asia Tenggara sebesar US$1 triliun (Rp15,7 kuadriliun) pada tahun 2030. Oleh karena itu, penting bagi kami untuk memanfaatkan AI dan cloud sebagai pendorong utama inovasi dan kemajuan," kata Verena.

Inovasi pertama yang diumumkan oleh SAP adalah Asisten AI generatif dengan nama Joule Copilot. Inovasi berbasis AI ini telah tersedia di SAP Analytics Cloud dengan didukung oleh kemampuan mesin vektor dari SAP Hana Cloud.

Selanjutnya ada SAP Datasphere knowledge graph yang membantu organisasi maupun perusahaan dalam menemukan informasi dan pola tersembunyi di seluruh aplikasi dan sistem mereka hingga meningkatkan pemahaman hubungan antara data.

Terakhir, ada integrasi SAP Datasphere dengan SAP Analytics Cloud untuk menyediakan sistem manajemen data tunggal dan analitik lanjutan. Integrasi solusi ini akan mendukung perencanaan lintas organisasi.