Pembaruan Aplikasi Google pada Pixel Menyebabkan <i>Overheat</i> dan Baterai Cepat Habis
Pixel 6 Pro mereka baru-baru ini mengalami overheating dan baterai yang sangat cepat habis. (foto: dok. pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pengguna ponsel Pixel dari Google pada Minggu mengeluhkan bahwa Pixel 6 Pro mereka baru-baru ini mengalami overheating dan baterai yang sangat cepat habis. Mereka menduga penyebabnya adalah aplikasi Google dan pembaruan yang mulai dirilis pada tanggal 12 Mei.

"Saya tidak menyentuh telepon saya dalam satu jam terakhir. Ini hanya berada di charger nirkabel standar," kata pembaca tersebut dalam tangkapan layar (dapat dilihat di bawah) yang mereka kirim dari menu pengaturan telepon mereka, menunjukkan aplikasi Google yang memakan baterai Pro 6 di latar belakang.

"Masih sangat panas, dan jika saya tidak kembali ke versi yang berbeda, saya tidak akan memiliki peningkatan bersih pada baterai telepon saya," kata pengguna tersebut seperti dilaporkan Engadget.

Kunjungan ke Reddit dan forum dukungan Google menunjukkan pengguna Pixel lain mengalami masalah yang sama.

"Ini baru dimulai kemarin. Penggunaan baterai besar dari aplikasi Google dan dengan tingkat yang lebih rendah Intelijen Sistem Android. Saya baru saja melakukan reset pabrik, menginstal kembali sebagian besar hal-hal, dan masih terjadi," tulis satu pengguna Reddit.

"Selain baterai yang tidak bertahan lama, telepon menjadi sangat hangat jadi saya tahu itu merusak baterai dan mungkin CPU," tambahnya.

Mereka yang mencoba menghubungi Google melaporkan staf dukungan perusahaan belum terlalu membantu. Beberapa pengguna mengatakan kembali ke versi aplikasi Google yang lebih lama tidak memperbaiki masalah bagi mereka.

"Akhirnya malah mendapatkan versi lebih lama dari tanggal 10 Mei, masih menguras baterai," tulis salah satu pengguna Reddit.

Pembaca yang menghubungi Engadget menduga masalahnya mungkin server-side. "Aplikasi Google terus merusak baterai tanpa memperdulikan versi, dan saya telah kembali ke tanggal 1 Mei," tulis mereka. "Saya tidak tahu bagaimana cara melihat jika aplikasi mencoba memanggil rumah atau dalam loop dengan sesuatu seperti itu, tetapi gejala tetap sama."

Google tidak segera menanggapi permintaan komentar Engadget. Jika aplikasi Google menjadi penyebabnya, ini tidak akan menjadi kali pertama pembaruan perangkat lunak menyebabkan masalah bagi pengguna Pixel.

Mei lalu, Google harus memperbaiki Pixel 6 dan 6 Pro setelah pembaruan sebelumnya menyebabkan ponsel menghasilkan umpan balik haptik yang jauh lebih lemah. Tahun sebelumnya, perusahaan menghentikan penyebaran pembaruan Pixel Desember-nya setelah pengguna menemukan hal itu membuat ponsel mereka terputus panggilan.