Kathy Lueders Bergabung dengan SpaceX untuk Mengawasi Pengembangan Roket Starship
Kathy Lueders, mantan kepala penerbangan antariksa manusia NASA. (foto: twitter @KathyLueders)

Bagikan:

JAKARTA - Kathy Lueders, mantan kepala penerbangan antariksa manusia NASA, telah bergabung dengan perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, untuk membantu mengawasi pengembangan roket ke bulan dan Mars, Starship. Hal ini dikatakan oleh sumber yang mengetahui perekrutan ini pada Senin, 15 Mei.

Lueders, mantan kepala penerbangan antariksa manusia NASA kedua dalam beberapa tahun terakhir yang sudah pensiun dan pindah ke SpaceX, merupakan perekrutan penting bagi perusahaan tersebut. Terutama saat mereka berlomba-lomba untuk mengembangkan dan menggunakan Starship untuk mendaratkan astronot NASA di bulan dalam dekade mendatang.

Sumber yang mengonfirmasi perekrutan Lueders, yang pertama kali dilaporkan oleh CNBC, berbicara dengan syarat anonimitas. Sementara SpaceX belum segera memberikan tanggapan terkait permintaan komentar.

Lueders menghabiskan 31 tahun di NASA dan pensiun pada bulan April. Pada tahun 2021, dia adalah pejabat pemilihan sumber NASA yang memilih roket Starship milik SpaceX untuk kontrak Artemis senilai 3 miliar dolar AS (Rp44,5 triliun)  untuk mendaratkan astronot Amerika Serikat pertama di bulan sejak tahun 1972. Lander bulan swasta dari perusahaan lain akan dipilih dalam program kontrak yang akan datang.

Lueders termasuk dalam sekelompok pejabat yang diakui sebagai penggerak perubahan agensi antariksa Amerika Serikat dalam mengadopsi model kontrak publik-swasta, sebuah pendekatan penghematan biaya di mana NASA membantu pendanaan pengembangan wahana antariksa swasta dan membeli tempat duduk bagi astronot sebagai layanan, bukan sebagai pemilik wahana antariksa.

Sebagai kepala divisi penerbangan antariksa manusia NASA, Lueders bertanggung jawab atas pengembangan Crew Dragon milik SpaceX, kargo utama perusahaan dan taksi astronot NASA yang telah menjadi wahana utama agensi tersebut untuk perjalanan ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pada akhir 2021, terjadi reorganisasi besar-besaran di lembaga tersebut yang memindahkan Lueders dari pengawasan program bulan dan menempatkannya sebagai kepala operasi antariksa NASA, posisi yang mengawasi kegiatan ISS.

Di SpaceX, Lueders akan bergabung dengan mantan bos NASA-nya, Bill Gerstenmaier, yang pada tahun 2020 pensiun dari lembaga tersebut sebagai kepala penerbangan antariksa manusia dan bergabung dengan SpaceX untuk peran serupa terkait Starship.