Bagikan:

JAKARTA - Mode gelap hampir bisa ditemukan di semua aplikasi, termasuk pada bawaan sistem ponsel sekalipun. Tapi, hal ini mungkin menjadi yang baru untuk media sosial Snapchat

Snapchat dikabarkan akan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan mode gelap ke dalam aplikasi Android. 

Ditemukan pertama kali oleh Alessandro Paluzzi, seorang pengembang aplikasi mobile di Twitter baru-baru ini, ia menambahkan pembaruan ke utasnya yang telah melacak kemajuan dukungan mode gelap di Snapchat untuk Android.

Menurut utas tersebut, tampaknya Snap Inc. telah mengerjakan fitur tersebut di belakang layar selama lebih dari dua tahun, di mana Paluzzi awalnya menemukan fitur ini pada Februari tahun 2021 silam. 

Dalam pembaruan yang sekarang, terdapat sakelar di Snapchat yang menunjukkan bagian "App Appearance" baru yang menunjukkan tiga opsi, yaitu  opsi Always Light, Always Dark, dan Match System

Ini adalah pengaturan yang cukup umum untuk sebagian besar aplikasi Android, tetapi ini adalah fitur baru yang selama ini dilewatkan oleh Snapchat. 

Saat ini, Snapchat baru menerapkan mode gelap di aplikasi iOS saja. Namun menurut Paluzzi, penerapan mode gelap Snapchat di Android ini akan membutuhkan langganan Snapchat+. 

Padahal, tidak ada persyaratan khusus seperti itu untuk iOS, dan cukup menarik untuk melihat fitur yang diharapkan dari hampir semua aplikasi yang terkunci di balik paywall. Snapchat+ menghasilkan 3,99 dolar AS (Rp62 ribu)/bulan di AS.