Pakar Keamanan Siber Kasih Tips Terhindar dari Penipuan Kripto
Tips menghindari phishing Kripto (foto: Pixabay) (

Bagikan:

JAKARTA - Pada tahun 2022, phishing aset kripto meningkat secara signifikan dengan pertumbuhan 40 persen tahun-ke-tahun dengan 5.040.520 deteksi phishing kripto pada tahun 2022, dibandingkan dengan 3.596.437 pada tahun 2021. 

Di Asia Tenggara (SEA), Kaspersky telah memantau sedikit penurunan pada tahun 2022 secara keseluruhan. Perusahaan keamanan siber global ini mengamati setidaknya ada 64.080 phishing kripto di wilayah tersebut tahun lalu. 

Penurunan phishing kripto terutama terdeteksi di Singapura (-74%), Thailand (-51), dan Vietnam (-15%). Namun jenis ancaman ini terus meningkat di Filipina (170%), Indonesia (+26%), dan Malaysia (4%). 

“Asia Tenggara adalah rumah bagi beragam negara dan terus memimpin secara global dalam hal adopsi aset kripto. Dengan pemain play-to-earn yang sangat aktif ditambah penggunaan aset kripto di negara-negara dengan pekerja luar negeri yang tinggi, kami dapat melihat lebih banyak pengadopsi di wilayah ini," ujar Chris Connell, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky. 

Oleh karena itu, Connell mengungkapkan bahwa sangat penting untuk mengembangkan pola pikir yang mengutamakan perlindungan terhadap serangan yang terkait dengan teknologi bermanfaat ini.

Untuk memaksimalkan manfaat menggunakan aset kripto dengan aman, pakar Kaspersky juga merekomendasikan:

  • Berhati-hatilah terhadap penipuan phishing: Penipu sering kali menggunakan email phishing atau situs web palsu untuk mengelabui orang agar mengungkapkan kredensial masuk atau kunci pribadi mereka. Selalu periksa ulang URL situs web dan jangan klik tautan yang mencurigakan.
  • Jangan bagikan kunci pribadi: seluruh bentuk data pribadi akan membuka kunci dompet aset kripto Anda. Jaga kerahasiaannya dan jangan pernah membaginya dengan siapa pun.
  • Mengedukasi diri sendiri: tetap terinformasi tentang ancaman dunia maya terbaru dan praktik terbaik untuk menjaga keamanan aset kripto Anda. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang perlindungan diri, semakin baik perlengkapan untuk mencegah serangan dunia maya.
  • Riset sebelum berinvestasi: Sebelum berinvestasi dalam aset kripto apa pun, teliti proyek dan tim di belakangnya secara menyeluruh. Periksa situs web proyek, regulasi, dan saluran media sosial untuk memastikan bahwa proyek tersebut sah.
  • Gunakan solusi keamanan: solusi keamanan yang andal akan melindungi perangkat Anda dari berbagai jenis ancaman, dan mencegah semua penipuan aset kripto yang dikenal dan tidak dikenal, serta penggunaan pemrosesan komputer secara tidak sah untuk menambang aset kripto.