JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa Hubble secara tidak sengaja menemukan sebuah lubang hitam supermasif melaju kencang melalui ruang angkasa dan menciptakan jejak bintang di belakangnya.

Objek yang menakjubkan ini memiliki berat setara 20 juta Matahari dan diyakini ditendang secara paksa dari galaksi induknya setelah bersentuhan dengan lubang hitam supermasif lainnya.

Jejak bintang-bintang yang baru lahir itu memiliki panjang 200 juta tahun cahaya yang belum pernah terlihat sebelumnya, berukuran dua galaksi Bima Sakti, setengahnya seterang galaksi induk yang ditautkannya.

"Kami pikir kami sedang melihat bangun di belakang lubang hitam di mana gas mendingin dan mampu membentuk bintang. Jadi, kami sedang melihat formasi bintang yang mengikuti lubang hitam," ungkap peneliti dari Yale University di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat (AS), Pieter van Dokkum.

"Apa yang kita lihat adalah akibatnya. Seperti gelombang di belakang kapal, kita melihat gelombang di balik lubang hitam," imbuhnya.

Lubang hitam terletak di salah satu ujung kolom, yang membentang kembali ke galaksi induknya. Ada simpul oksigen terionisasi yang sangat terang di ujung terluar kolom.

Para peneliti percaya gas tersebut mungkin dikejutkan dan dipanaskan dari gerakan lubang hitam yang menabrak gas, atau bisa juga radiasi dari piringan akresi di sekitar lubang hitam.

"Gas di depannya tersengat karena dampak supersonik berkecepatan sangat tinggi dari lubang hitam yang bergerak melalui gas. Cara kerjanya belum diketahui secara pasti. Ini murni kebetulan yang kami temui," ujar van Dokkum, dalam makalah penelitian yang diterbitkan pada 6 April di The Astrophysical Journal Letters. Dia lalu mencari gugus bintang bola di galaksi kerdil terdekat.

"Saya baru saja memindai melalui gambar Teleskop Hubble dan kemudian saya melihat bahwa kita memiliki garis kecil. Saya langsung berpikir, sinar kosmik mengenai detektor kamera dan menyebabkan artefak pencitraan linier. Ketika kami melenyapkan sinar kosmik, kami menyadari bahwa sinar itu masih ada. Itu tidak terlihat seperti apa pun yang pernah kami lihat sebelumnya," sambungnya.

Karena sangat aneh, van Dokkum dan timnya melakukan tindak lanjut spektroskopi dengan WM Keck Observatories di Hawaii. Dia menggambarkan jejak bintang itu cukup mencengangkan, sangat terang dan tidak biasa.

Dikutip dari laman NASA, Senin, 10 April, para peneliti menyimpulkan dia sedang melihat akibat dari lubang hitam yang terbang melalui lingkaran gas yang mengelilingi galaksi induk.

Kemungkinan merupakan hasil dari beberapa tabrakan lubang hitam supermasif. Para peneliti menduga dua galaksi pertama bergabung mungkin 50 juta tahun yang lalu, yang menyatukan dua lubang hitam supermasif di pusatnya. Mereka saling berputar sebagai lubang hitam biner.

Kemudian galaksi lain muncul dengan lubang hitam supermasifnya sendiri. Tiga lubang hitam yang bercampur menyebabkan konfigurasi kacau dan tidak stabil.

Salah satu lubang hitam merampok momentum dari dua lubang hitam lainnya dan terlempar keluar dari galaksi induk. Biner asli mungkin tetap utuh, atau lubang hitam interloper baru mungkin telah menggantikan salah satu dari dua yang ada di biner asli, dan menendang pendamping sebelumnya.

Ketika satu lubang hitam lepas landas ke satu arah, lubang hitam biner melesat ke arah yang berlawanan. Ada fitur yang terlihat di sisi berlawanan dari galaksi induk, mungkin merupakan lubang hitam biner yang melarikan diri. Bukti tidak langsung untuk hal ini adalah, tidak ada tanda lubang hitam aktif yang tersisa di inti galaksi.

Dikatakan para peneliti, langkah selanjutnya adalah melakukan pengamatan lanjutan dengan Teleskop Luar Angkasa James Webb dan Observatorium Sinar-X Chandra untuk mengonfirmasi penjelasan lubang hitam.

Para peneliti juga dapat menggunakan Nancy Grace Roman Space Telescope NASA yang akan datang, diklaim memiliki pandangan sudut lebar alam semesta dengan resolusi Teleskop Hubble yang sangat indah.

Sebagai teleskop survei, pengamatan Romawi mungkin menemukan lebih banyak garis bintang yang langka dan mustahil ini di tempat lain di alam semesta. Ini mungkin memerlukan pembelajaran mesin menggunakan algoritme yang sangat bagus dalam menemukan bentuk aneh tertentu di lautan data astronomi lainnya.