IOTA Umumkan Kemitraan dengan Multichain, Ini Tujuannya!
IOTA umumkan kemitraan dengan Multichain. (Foto; Dok. Bitcoin News)

Bagikan:

JAKARTA - Kripto nomor 74 berdasarkan kapitalisasi pasarnya, IOTA (MIOTA), baru-baru ini mengumumkan kemitraan dengan Multichain yang sebelumnya dikenal sebagai Anyswap. Kerja sama ini ditujukan untuk memfasilitasi interoperabilitas dengan Shimmer. Dengan begitu, pengguna dapat menukar token di kedua jaringan tersebut melalui integrasi dengan penyedia infrastruktur lintas-jaringan Web3.

Perlu dicatat, manfaatnya juga akan diperluas ke rantai ShimmerEVM. Lebih jauh lagi, untuk rantai ShimmerEVM, ini akan memungkinkan interoperabilitas dengan bukan hanya IOTA tetapi jaringan lain yang didukung oleh Multichain, termasuk Ethereum, Fantom, dan BSC testnet.

"Dengan kemitraan ini, kami dapat mengambil langkah besar ke depan dalam menjembatani protokol IOTA dan Shimmer, memungkinkan lebih banyak kasus penggunaan, peningkatan likuiditas, dan fleksibilitas," kata Dominik Schiener, co-founder IOTA.

Shimmer seperti IOTA adalah jaringan Directed Acyclic Graph (DAG). Namun, transaksi di jaringan ini tidak menarik biaya dan menawarkan kontrak pintar yang dapat disesuaikan. Selain itu, jaringan Shimmer menjanjikan untuk menawarkan ekosistem multi-rantai yang dapat diskalakan. Perlu dicatat, jaringan ini dibuat untuk menguji fitur-fitur IOTA di masa depan.

"Melalui integrasi ini, pemegang IOTA akan mendapatkan akses ke ekosistem Shimmer yang berkembang pesat dan dengan itu, peluang investasi untuk mendapatkan penghasilan dari token IOTA mereka melalui staking, yield-farming, dan lain-lain," tulis blog tersebut. "Berkat jembatan Multichain, Shimmer dan IOTA semakin dekat satu sama lain, memaksimalkan pertumbuhan dan keberhasilan saling."

IOTA memungkinkan transaksi antara perangkat yang terhubung ke internet. Pengembang menganggap teknologi DAG-nya lebih dapat diskalakan daripada blockchain. Sebagai bagian dari inisiatif European Blockchain Service Infrastructure, proyek ini saat ini sedang terlibat dalam eksplorasi solusi blockchain lintas batas bagi Uni Eropa.

"Kami sangat senang dengan kemitraan ini karena ini memberi kami kesempatan untuk memperluas jangkauan dan efek jejaring kami," kata anonim perwakilan Multichain.

Dalam sebuah wawancara, Schiener menambahkan, "Kemitraan ini akan membuka peluang baru untuk pengguna dan memberi kami potensi untuk menjelajahi solusi blockchain yang lebih inovatif dan canggih."