Tim Cook Terus Tekankan Pentingnya AR dan VR dalam Meningkatkan Koneksi Manusia
Tim Cook mengatakan bahwa AR dapat meningkatkan komunikasi dan hubungan antarmanusia. (foto: twitter @tim_cook)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam waktu dekat, Apple akan meluncurkan headset realitas campuran. Hal ini hampir dapat dipastikan, meski kapan dan bagaimana pastinya masih belum jelas. Namun, satu hal yang tetap tidak berubah adalah visi Tim Cook tentang AR dan VR. Selama hampir satu dekade, CEO Apple ini telah terus memperjuangkan bahwa AR lebih penting daripada VR dan bahwa AR pada dasarnya tentang menyatukan orang-orang.

Cook mengatakan bahwa AR dapat meningkatkan komunikasi dan hubungan antarmanusia dengan cara menambahkan benda-benda digital pada dunia fisik. Namun, ia tidak memberikan pengumuman produk secara spesifik, melainkan hanya memberikan petunjuk tentang apa yang dilihat oleh Apple di ruang tersebut.

"Jika Anda memikirkan teknologi itu sendiri dengan realitas tertambah, hanya untuk mengambil satu sisi dari AR/VR, gagasan bahwa Anda dapat menimbulkan dunia fisik dengan hal-hal dari dunia digital dapat sangat meningkatkan komunikasi dan koneksi orang," kata Cook kepada Zach Baron dari GQ dalam sebuah tulisan profil panjang yang baru saja diterbitkan oleh majalah tersebut.

Dikutip The Verge, Cook mengatakan kepada Baron bahwa ia tertarik dengan kolaborasi. Ia mengatakan sesuatu tentang mengukur dinding kaca. Ia juga mengatakan bahwa pemikirannya tentang kacamata sebagai gadget telah berubah selama bertahun-tahun.

Hal ini sejalan dengan kabar bahwa headset Apple yang akan datang, diperkirakan akan memiliki harga sekitar 3.000 dolar AS (Rp45,3 juta) dan sangat difokuskan pada "copresence". Ini tidak terlalu berbeda dari visi metaverse dari Meta, kecuali bahwa Apple berharap dapat menempatkan benda digital ke dalam dunia nyata kita.

Cook juga memberikan penjelasan tentang mengapa headset yang telah banyak diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir ini, memakan waktu yang begitu lama untuk diluncurkan. Menurutnya, Apple tidak tertarik dalam merangkai beberapa bagian dari produk orang lain, karena mereka ingin mengontrol teknologi utama agar dapat melakukan inovasi.

Dalam artikel tersebut, Cook juga membahas berbagai topik, mulai dari latar belakang dan gaji-nya, hingga pandangan tentang privasi pengguna. Ia juga mengungkapkan bahwa Apple berkomitmen pada lingkungan, menentang keras "data-industrial complex", dan mencoba membantu orang agar memiliki hubungan yang lebih baik dengan teknologi.

Bagi Cook, Apple tidak ingin membuat layar untuk melihat di tempat dunia nyata. Mereka ingin membuat alat untuk membantu pengguna melakukan lebih banyak hal dalam dunia nyata. Dalam era realitas campuran yang akan datang, Apple harus benar-benar melakukan hal yang tepat, terutama karena tingkat persaingan akan lebih tinggi.