CEO Apple Tak Yakin Metaverse Bisa Jadi Alat Komunikasi di Masa Depan
Ilustrasi Metaverse (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pada saat semua pengembang berlomba-lomba memasuki dunia metaverse, CEO Apple, Tim Cook justru berpikir ke arah yang berlawanan. 

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan Cook dengan penerbitan Belanda, Bright, Cook mengaku tidak yakin semua orang tahu definisi dari metaverse itu sendiri. 

"Saya selalu berpikir bahwa penting bagi orang untuk memahami apa itu sesuatu, dan saya tidak begitu yakin rata-rata orang bisa memberitahumu apa itu metaverse," ujarnya mengutip dari Dailymail

Pernyataan ini muncul setelah beredar kabar bahwa Apple berencana untuk meluncurkan perangkat VR (Virtual Reality) nya sendiri. 

Meski demikian, Cook menyatakan bahwa dirinya sangat skeptis soal bagaimana seseorang akan menghabiskan waktu yang lama hanya untuk dunia virtual saja di masa depan. 

"VR adalah sesuatu yang benar-benar dapat membuat Anda tenggelam. Dan itu dapat digunakan dengan cara yang baik. Tapi saya tidak berpikir Anda ingin menjalani seluruh hidup Anda seperti itu," pungkasnya. 

Menurutnya, teknologi VR dapat digunakan dengan baik hanya untuk waktu tertentu, tetapi bukan cara yang baik untuk berkomunikasi lebih lanjut. 

Berbeda dengan Cook, CEO Meta Mark Zuckerberg justru sangat serius dalam pengembangan metaverse nya. Ia justru mengubah nama seluruh perusahaannya untuk membantu membangun dunia virtual dan telah menawarkan sejumlah headset AR berbeda yang dapat dibeli. 

Menurut rencana internal perusahaan yang bocor ke The Information, Meta berencana untuk merilis empat headset VR barunya dalam dua tahun ke depan, dengan salah satu diantaranya memiliki perkiraan harga sekitar 799 dolar AS atau Rp12 juta.