Sangat Membebani,  Meta Kenakan Biaya 47,5 Persen untuk Penjualan Produk di  Horizon Worlds
Meta memberikan beban biaya yang sangat besar untuk kreator di Horizon Worlds. (foto; twitter @HorizonWorlds)

Bagikan:

JAKARTA – Meta Platforms induk perusahaan dari Facebook akan membebankan biaya kepada pencipta sekitar 47,5% atas penjualan aset digital dan pengalaman yang dibuat di dalam platform realitas virtual perusahaannya, Horizon Worlds.

Menurut juru bicara Meta kepada Reuters, Rabu, 13 April, biaya keseluruhan terdiri dari 30% biaya platform perangkat keras untuk penjualan yang dilakukan melalui Meta Quest Store, di mana mereka menjual aplikasi dan gim yang dimaksudkan untuk headset realitas virtualnya, dan potongan 17,5% lebih lanjut sebagai biaya platform Horizon.

Pada Senin, 11 April, raksasa teknologi itu mengatakan akan mulai menguji alat bagi pencipta untuk menjual aset digital dan pada gilirannya menghasilkan uang di Horizon Worlds, bagian penting dari rencananya untuk membuat metaverse.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, telah mengkritik biaya toko aplikasi Apple Inc sebesar 30%, tetapi langkah terbaru Meta untuk menagih pencipta hampir setengah dari penjualan mereka di platformnya sendiri telah membuat marah banyak dari mereka.

Perusahaan induk Facebook, yang mengubah namanya menjadi Meta tahun lalu, telah banyak berinvestasi dalam dunia virtual dan augmented reality untuk mencerminkan taruhan barunya pada metaverse, ide futuristik dari jaringan lingkungan virtual yang diakses melalui perangkat yang berbeda di mana pengguna dapat bekerja, bersosialisasi dan bermain.

Meta's Horizon Worlds, platform sosial VR yang luas, dan Horizon Venues, yang berfokus pada acara virtual, adalah iterasi awal dari ruang mirip metaverse.