Sejak Diluncurkan  Desember  2021 Platform Virtual Medsos Meta Sudah Miliki 300 Ribu Pengguna
Meta masih tertutup tentang sejauh mana perkembangan mereka hingga kini. (foto: twitter @meta)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook telah mempertaruhkan masa depannya pada realitas virtual dan metaverse dengan mengubah citra dan namanya menjadi Meta. Mereka juga telah menghabiskan miliaran dolar dalam satu tahun untuk membangun perangkat keras dan perangkat lunak yang bisa melampaui media sosial tradisional saat ini. Hanya saja, Meta masih tertutup tentang sejauh mana perkembangan mereka hingga kini.

Pertaruhan terbesar Meta saat ini adalah platform VR sosial untuk headset Quest yang disebut Horizon Worlds. Produk itu baru-baru ini ditampilkan dalam iklan Super Bowl Meta. Mark Zuckerberg, CEO Meta,  menyebutnya "inti dari visi metaverse kami". Chief product officer Meta, Chris Cox, memberi karyawan pembaruan yang sebelumnya tidak dilaporkan tentang pertumbuhan pengguna Horizon.

Dia mengatakan bahwa sejak Horizon Worlds diluncurkan ke semua pengguna Quest di AS dan Kanada pada awal Desember, basis pengguna bulanannya telah tumbuh 10x lipat menjadi 300.000 orang.

Juru bicara Meta, Joe Osborne, mengkonfirmasi statistik ini dan mengatakan jumlah itu termasuk pengguna Horizon Worlds dan Horizon Venues. Ini adalah dua aplikasi terpisah untuk menghadiri acara langsung di VR yang menggunakan avatar dan mekanik dasar yang sama. Namun Jumlah tersebut tidak termasuk Horizon Workrooms, pengalaman konferensi VR yang terkait dengan sistem undangan.

Sebelum peluncurannya pada bulan Desember lalu, Horizon Worlds berada dalam versi beta pribadi bagi para pembuat konten untuk menguji alat pembangunan dunianya. Mirip dengan cara kerja platform game Roblox atau Microsoft Minecraft, Horizon Worlds memungkinkan orang membangun lingkungan khusus untuk hang out dan bermain gim sebagai avatar tanpa kaki.

Meta mengumumkan minggu ini bahwa 10.000 dunia terpisah telah dibangun di Horizon Worlds hingga saat ini, dan grup Facebook pribadinya untuk pembuat konten sekarang berjumlah lebih dari 20.000 anggota.

Mengingat bahwa baru beberapa bulan sejak Horizon Worlds tersedia secara luas, terlalu dini untuk mengatakan apakah pertumbuhan pesat platform ini akan berlanjut atau apakah akan dapat mempertahankan pengguna dari waktu ke waktu.

Pengguna bulanan untuk produk sosial selalu lebih tinggi daripada pengguna harian. Jumlah ini tidak diungkapkan Cox kepada karyawan. Peningkatan penjualan di musim liburan untuk headset Quest tentu membantu mendorong minat orang-orang untuk mencoba Horizon.

Meta masih belum mengungkapkan berapa banyak headset Quest yang telah terjual hingga saat ini, yang membuatnya sulit untuk mengukur keberhasilan Horizon terhadap platform perangkat keras yang mendasarinya.

Akan tetapi beberapa pihak ketiga memperkirakan penjualan lebih dari 10 juta untuk Quest. Zuckerberg baru-baru ini mengatakan bahwa Meta akan merilis versi Horizon untuk ponsel akhir tahun ini untuk "membawa pengalaman metaverse awal ke lebih banyak permukaan di luar VR."

“Jadi, sementara pengalaman terdalam dan paling mendalam akan berada dalam realitas virtual, Anda juga akan dapat mengakses dunia dari aplikasi Facebook atau Instagram Anda, dan mungkin lebih dari waktu ke waktu,” kata CEO di Meta's panggilan penghasilan terakhir, seperti dikutip The Verge.

Membawa Horizon ke perangkat seluler akan memposisikannya sebagai pesaing Rec Room, aplikasi game sosial yang didanai dengan baik dengan 37 juta pengguna bulanan di seluruh konsol game, ponsel, dan VR.

Meskipun Horizon Worlds belum menghasilkan uang untuk Meta, ada tekanan untuk membuatnya sukses, terutama mengingat bagaimana saham perusahaan telah merosot karena investor mempertanyakan dorongan metaverse yang mahal.

Selain memecahkan masalah dengan moderasi konten dan pengguna di bawah umur di VR, Meta harus membuat Horizon cukup andal untuk digunakan jutaan orang. Terlebih setelah banyak orang tidak dapat bergabung dengan konser Foo Fighters baru-baru ini yang diadakan di Venues setelah Super Bowl.

Apalagi Horizon belum memperkenalkan cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang. Tetapi jika pertumbuhan pengguna awalnya adalah indikator apa pun, Horizon memiliki peluang untuk menjadi besar.