Makin Menuju Metaverse, Meta Platform Inc. Sekarang Punya Platform Pengembangan Gim Sendiri
Meta kembali memperluas bisnis gim nya. (foto: dok. meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta Platform Inc. kembali memperluas bisnis gim nya dengan meluncurkan platform pengembangan gim yang dijuluki Crayta. Ini mirip dengan Roblox di mana pengguna dapat membangun dan bermain gim bersama teman secara real time di Facebook Gaming.

Crayta menyediakan perangkat pengembang yang tentunya mudah digunakan, dan membuat pembuatan gim lebih mudah diakses, baik di ponsel maupun desktop.

Peluncuran platform Crayta tak mengejutkan, pasalnya Meta pada Juni 2021 lalu telah mengakuisisi Unit 2 Games yang merupakan studio di belakang Crayta.

Awalnya Crayta diluncurkan sebagai platform eksklusif untuk Google Stadia tetapi berpindah haluan ke Epic Games Store tahun lalu.

“Biasanya jika Anda ingin menjalankan sesuatu seperti ini di lingkungan 3D berkualitas tinggi, itu akan sangat sulit untuk dirender di browser atau di ponsel, tetapi bisa melakukannya dengan infrastruktur cloud dan kemudian mengirimkannya ke seluruh dunia, jaringan setelah merendernya di cloud adalah kemajuan yang cukup besar,” ujar CEO Meta, Mark Zuckerberg, dalam sebuah video tentang peluncuran Crayta.

Dengan membuat Crayta tersedia di layanan streaming cloud Facebook Gaming, pengguna tidak perlu mengunduh gim ke komputer mereka untuk memainkannya.

Melansir TechCrunch, Kamis, 9 Juni, platform tersebut gratis untuk dimainkan dan akan tersedia bagi siapa saja yang memiliki akun Facebook.

“Sering kali hari ini, orang berpikir tentang metaverse sebagai pengalaman 3D yang dapat Anda miliki di virtual dan augmented reality, tetapi saya pikir apa yang Crayta tunjukkan adalah bahwa Anda berdua dapat membangun dan menikmati pengalaman semacam ini dengan sangat mudah di semua jenis lingkungan 2D, termasuk hanya di dalam aplikasi Facebook di ponsel dan komputer,” jelas Zuckerberg.

Perusahaan mengatakan, Crayta dapat digunakan untuk membuat dan menerbitkan gim multipemain sederhana hanya dalam waktu 15 menit, tanpa perlu membuat kode atau menggunakan keterampilan khusus lainnya.

Di samping itu, Crayta bisa mengundang hingga 20 orang untuk berkolaborasi dalam gim secara bersamaan. Peluncuran Crayta di Facebook Gaming mewakili investasi lanjutan Meta menuju metaverse.

Sebagai bagian dari pengumuman Crayta, Zuckerberg juga mengungkapkan Facebook Gaming akan memperluas katalog gim cloud-nya ke Eropa Barat. Meta menyatakan ini adalah langkah penting yang harus diambil perusahaan, dengan catatan akan berperan penting dalam memberikan pengalaman metaverse di seluruh platform Meta di masa depan.