Headset AR/VR Apple Akan Suguhkan Konten Original dari Sutradara Hollywood
Headset VR dirancang untuk menempatkan pemakainya di dunia digital,n(foto: Concept by Antonio DeRosa @aderosa75)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dilaporkan telah meminta sutradara Hollywood seperti Jon Favreau membuat konten video untuk headset realitas campuran yang telah lama dirumorkan. Favreau sendiri terkenal dengan karya filmnya Mandalorian dan Iron Man.

Menurut laporan The New York Times, Favreau akan memproduksi serial asli untuk Apple TV+ yakni Prehistoric Planet yang dapat dinikmati pengguna dengan headset Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) Apple.

Dengan bantuan Favreau dan sutradara Hollywood lainnya, Apple ingin mengembangkan aplikasi yang menarik untuk headset-nya, membantunya berdiri terpisah dari pesaing VR dan AR yang ditawarkan seperti Facebook Meta dan Microsoft.

Headset VR (atau kacamata VR), dirancang untuk menempatkan pemakainya di dunia digital, di mana mereka dapat berinteraksi dengan objek virtual dan avatar satu sama lain.

Sementara itu, perangkat AR tidak terlalu jauh dengan VR, sebaliknya mereka menempatkan objek digital ke dunia nyata. Perangkat tersebut dilihat oleh beberapa orang sebagai pintu gerbang ke revolusi besar komputasi berikutnya, dunia virtual yang disebut metaverse.

Melansir CNET, Senin, 6 Juni, sayangnya, sumber yang berbicara kepada media tersebut menyebutkan saat ini Apple tengah menghadapi tantangan berkelanjutan dengan daya baterai, itu artinya headset tidak akan muncul sampai tahun depan.

Padahal banyak yang berharap Apple akan memamerkan headset AR/VR tersebut di pergelaran WWDC 2022 tepat malam nanti yang bisa ditonton di channel resmi YouTube Apple.

Namun, dalam pergelaran itu perusahaan juga berencana untuk mengumumkan perangkat lunak baru yang memungkinkan pengembang menambahkan fitur kamera dan suara tambahan ke aplikasi mereka, sehingga menciptakan kerangka kerja untuk pengalaman yang dapat menavigasikan pengguna tanpa antarmuka visual.

Berarti, hal tersebut juga menguatkan laporan terbaru dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman tentang headset yang akan diprediksi tiba tahun depan karena masalah overheating. Headset tersebut diklaim akan menampilkan desain yang mengingatkan pada sepasang kacamata ski.