Bocoran Baru Headset AR/VR Apple, Bawa Layar Ganda dengan Kecerahan 5.000 Nits Dibanderol Puluhan Juta!
Headset AR/VR Apple akan mendukung HDR. (foto; dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Headset realitas campuran Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) milik Apple yang akan datang diklaim akan memiliki layar ganda dengan kecerahan 5.000 nits.

Menurut analis sekaligus CEO Display Supply Chain Consultants, Ross Young melalui Twitter-nya menyatakan, masing-masing dari dua layar itu akan berukuran Micro OLED 1,41 inci 4K secara diagonal. Apple menargetkan kecerahan lebih dari 5.000 nits dan 4.000 piksel per inci.

 Kecerahan 5.000 nits yang disebutkan oleh Young mengacu pada kecerahan puncak. Dengan ini, headset AR/VR Apple akan mendukung HDR atau konten rentang dinamis tinggi, yang tidak umum untuk headset jenis ini di pasaran.

Baik kontras superior, warna cerah, dan sorotan yang disempurnakan, akan membuat headset nyaman digunakan.

Sebagai perbandingan, TV kelas atas umumnya menawarkan kecerahan sekitar 2000 hingga 5000 nits, memastikan pengalaman menonton yang imersif.

Apple dikatakan juga menawarkan resolusi total 8K, yang membuatnya lebih unggul daripada headset Quest Pro 2 kelas atas dari Meta.

Quest Pro 2 sendiri hanya memiliki resolusi 1800 x 1920 piksel per lensa dan sekitar 1200 piksel per inci karena Meta menggunakan teknologi layar LCD.

Rencananya, Apple akan meluncurkan headset ini di hajatan tahunannya Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, tepat pada minggu depan.

Headset AR/VR Apple diperkirakan akan menjadi salah satu headset realitas canpuran yang lebih mahal di pasaran, dengan kisaran harga diklaim sebesar 3.000 dolar AS setara Rp44 jutaan.

Harga tersebut membuatnya bersaing dengan produk berbasis AR seperti Magic Leap 2 dan HoloLens 2. Demikian dikutip dari FoneArena, Rabu, 31 Mei.